Kemarin malam jagat media sosial dihebohkan tentang aplikasi vtube hilang dari playstore. Hal ini menjadi gunjingan netizen yang budiman pada malam hari. Ada beberapa kemungkinan mengapa aplikasi tersebut tidak bisa ditemukan di playstore android.

Pertama, Dihapus Oleh Pihak Google di Playstore

aplikasi vtube hilang dari playstore

Beberapa bulan yang lalu banyak member vtube yang mengatakan bahwa kalau ilegal kenapa masih ada di playstore. Jawabannya adalah walau pun telah ada laporan, google pasti mempelajari kembali aplikasi tersebut. Dan apabila masih sesuai dengan ketentuan google maka tidak akan dihapus. Hal ini dikarenakan bisa saja laporan diberikan oleh pesaing aplikasi tersebut, maka google berhati-hati dalam menghapus aplikasi.

Lalu kenapa menghilang? Ini kemungkinan terjadi karena permintaan dari Kominfo langsung kepada google. Karena kominfo lembaga berwenang maka lebih cepat untuk google menghapus aplikasi tersebut.

Kedua, Aplikasi di Unpublish oleh Developer

Di playstore tidak ada namanya private aplikasi atau semacamnya. Yang ada adalah aplikasi dengan private region atau dengan kata lain aplikasi tersebut hanya bisa digunakan di negara tertentu.

Dan private region ini walau pun aplikasinya tidak bisa ditemukan di google playstore Handphone. Biasanya masih bisa dicari di pencarian playstore PC atau Komputer.

Maka ada satu alasan yang mendasar yaitu aplikasi vtube ditarik oleh developernya yaitu PT Future View Tech. Unpublish ini juga dihentikan karena aplikasi masih belum bisa diakses oleh pengguna (diblokir kominfo). Kita tahu bahwa sejak pertengahan februari ada pengumuman dari manajemen vtube bahwa vtube akan maintenance selama 2 minggu sebelum update versi 3.00. Hal ini tidak lazim bagi sebuah aplikasi, walau pun major update untuk menarik aplikasinya.

Baca juga: Aplikasi Vtube Menuju Legal, Cek Apa Saja yang Wajib di Perhatikan!

Informasi dari Member terkait Vtube Hilang dari Playstore

Apabila dari informasi yang berasal dari pemain vtube aplikasi tidak bisa ditemukan karena sedang dalam proses maintenance. Dan banyak perubahan besar, maka aplikasi di private dari publik.

Sanggahan Untuk Pemain terkait Vtube Hilang dari Playstore

Di Playstore tidak ada yang dinamakan dengan private aplikasi. Kemungkinan ada 2 yaitu unpublish atau dibanned oleh Kominfo. Jadi apabila ada dari manajemen yang mengatakan bahwa vtube sedang di private atau apa itu merupakan sebuah kebohongan.

Update Kompas: Menurut pihak Kominfo dan SWI vtube dihapus dari Google Playstore.

Saran Untuk Pemain Vtube

Lebih baik kepada pemain vtube agar lebih militan mencari informasi tidak hanya informasi dari leader. Karena pasti apabila ilegal banyak sekali hal-hal yang ditutupi oleh manajemen atau leader vtube.

Nah itu dia alasan mengapa aplikasi vtube hilang dari playstore. Hati-hati dalam Bisnis Online yah gengs.