Semua Informasi Tentang Virus Corona

Beberapa hari ini warga Indonesia dihebohkan tentang Virus Corona. Artikel ini akan merangkum terkait semua informasi tentang virus corona.

Apa itu Virus Corona?

Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan dan bisa menyebabkan pneumonia akut sampai kematian. Pertama kali virus ini ditemukan di kota Wuhan China pada akhir Desember 2019. Virus ini bisa menyerang siapa saja baik balita, remaja, anak muda, dewasa dan lansia.

Mulai sejak tanggal 12 Februari 2020 WHO resmi merubah nama Corona Virus menjadi COVID19. COVID19 merupakan singkatan dari Corona Virus Diasease dan 19 merujuk kepada ditemukan pertama kali kasus corona yaitu 31 Desember 2019.

COVID19 ini telah menyebar ke wilayah lain di China maupun negara lainnya. Dikutip dari CNBC, saat ini negara yang sudah terkonfirmasi terdapat virus corona adalah sebanyak 77 negara dengan 92 ribu kasus dilaporkan.

Seberapa Bahaya Virus Corona?

Data Kematian Virus Corona
Source: Kata Data

Menurut data laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (China CDC) tingkat kematian bertambah sesuai dengan usia pasien. Secara general, rata-rata tingkat kematian adalah sebesar 2%.

Untuk umur 80 tahun sebanyak 14,8% terenggut nyawanya oleh virus corona dari total 44.672 kasus di Tiongkok (11 Februari 2020). Untuk tingkat kematian antara laki-laki dan perempuan juga berbeda yaitu 2,8% dan 1,7%.

Apakah Penderita Virus Corona Bisa Sembuh?

Pasien Sembuh dari Virus Corona
Source: Kata Data

Berdasarkan data 24 Februari 2020, yang dilansir oleh John Hopkins CSSE memetakan dan memperbarui data korban seputar kasus Corona (Covid-19). Terdapat 24.963 kasus dilaporkan sembuh dari virus corona. Pasien sembuh tersebar di berbagai negara tiongkok dilaporkan 24.758 pasien, region pasifik 154 dan eropa 34 pasien.

Update data 13 Maret 2020, data dari worldmeter ada 70.395 pasien yang sembuh.

Dilansir oleh Kompas, saat ini WHO telah merubah status corona atau covid19 sudah menjadi pendemic. Data menyebutkan 134.812 terinfeksi dari 128 negara dan 4.984 orang meninggal dunia.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tercatat lebih dari 35 kasus suspect corona. Dan terdapat satu orang yang meninggal dan dikabarkan telah memiliki penyakit lain sebelumnya.

Tentang Penyebaran Virus Corona

Dalam halaman resmi WHO, Orang dapat tertular COVID-19 dari orang lain yang memiliki virus. Penyakit ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar ketika seseorang dengan COVID-19 batuk atau membuang nafas.

Seorang yang sehat dapat tertular COVID-19 dengan menyentuh benda atau permukaan yang terdapat tetesan kecil, kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka. Orang-orang juga dapat tertular COVID-19 jika mereka menghirup tetesan dari seseorang dengan COVID-19 yang batuk atau mengeluarkan tetesan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk tinggal lebih dari 1 meter dari orang yang sakit.

Gejala Tertular Virus Corona

Untuk gejala virus corona hampir sama dengan influenza. Akan tetapi ada perbedaan berdasar. Dilansir dari alodokter beberapa perbedaannya antara lain,

  1. Flu Biasa,
    Penyakit ini disebabkan oleh rhinovirus. Pada Umumnya menyerang tenggorokan dan hidung. Ada pun gejalanya antara lain:
    • Bersin
    • Hidung tersumbat
    • Sakit tenggorokan
    • Sakit kepala ringan
    • Batuk
    • dan terkadang disertai demam
  2. Corona,
    Virus corona sama dengan rhinovirus menyerang saluran pernapasan, oleh karena itu gejalanya hampir mirip. Walau pun begitu corona ini lebih sering menyerang saluran pernapasan bawah. Gejala corona antara lain:
    • Demam tinggi
    • Batuk
    • dan Sesak nafas

Adapun gejala lainnya jarang terjadi dan tidak khas pada COVID-19. Antaralain nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual dan muntah.

Pada website resmi WHO disinyalir, bahwa kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang mendapatkan COVID-19 sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas. Mereka yang sudah berumur dan memiliki masalah medis seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin untuk

Agar Terhindar dari Virus Corona

Anda dapat mengurangi kemungkinan terinfeksi atau menyebarkan Virus Corona dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan sederhana. WHO merekomendasikan bebera hal antaralain:

  • Mencuci Tangan dengan Teratur
    Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan handsanitizer berbasis alkohol dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.
  • Jaga Jarak dengan Orang Sakit
    Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air termasuk virus COVID-19.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.
    Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat mengambil virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.
  • Selalu praktekan etika batuk
    Pada saat anda bersin atau batuk, anda harus menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku pada bagian yang tertekuk. Anda juga bisa menggunakan tisu dan segera membuang tisu bekasnya.
    Hal ini dilakukan untuk melindungi keluarga dan teman-teman anda dari penyebaran virus baik flu atau pun corona.
Baca Juga: Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba
  • Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat
    Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda.
    Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat.
    Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.
  • Dapatkan informasi terupadate hotspot COVID-19 (kota atau area lokal di mana COVID-19 menyebar)
    Jika memungkinkan, hindari bepergian ke tempat-tempat – terutama jika Anda adalah orang yang lebih tua atau menderita diabetes, penyakit jantung atau paru-paru karena anda memiliki peluang lebih tinggi untuk tertular COVID-19 di salah satu area ini.

Rumah Sakit Rujukan Virus Corona

Kemenkes telah merilis daftar semua rumah sakit yang bisa menjadi rujukan untuk penanganan pasien dengan gejala virus corona.

Rumah Sakit Corona

Nah sekian artikel mengenai semua informasi tentang virus corona. Semoga dapat membantu. Apabila ada update terbaru akan terus di update. See Yaa.

#VirusCorona #COVID19 #COVID19Indonesia

Likes Fans Page Kita Disini!

Leave a Reply

Scroll to top