Resep Selai Srikaya ala Rumahan (Home Made)

Anda penggemar sarapan menggunakan roti? Selai apa yang sering anda pakai? Strawberry? Nanas? atau Srikiya? Artikel ini akan menjelaskan mengenai resep selai srikaya, yuk cek gimana cara bikinnya.

Resep Selai Srikaya
Source: Twitter arianidyaa

Bahan Resep Selai Srikaya

Pertama siapin dulu bahannya:

  • 5 lembar daun pandan
  • 350ml air matang
  • 2 sdm tepung terigu
  • 7 sdm gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 7 sdm kental manis
  • 1 bungkus santan instan
  • Sejumput garam

Baca Juga: Makan Enak dan Murah di Akhir Bulan, Cek Disini.

Cara Pembuatan

  • Langkah awal ambil sari daun pandannya dulu. Blender daun pandan dengan air, kemudian saring. Gunakan airnya ya.
  • Campur air pandan tadi dengan semua bahan. Aduk hingga rata dan tepung tidak bergerindil. Setelah diaduk rata, letakkan diatas kompor dengan api sedang.
  • Eitss masak adonannya dengan teknik double boiler ya, maksudnya seperti dengan cara ditim. Bawahnya panci terdapat panci lagi yang berisi air agar adonan bisa matang dengan sempurna dan bertekstur lembut.
Source: Twitter arianidyaa

Kurang lebih tekik double boiler seperti gambar diatas, itu yg atas bisa pake wadah tahan panas misal mangkuk kaca atau panci lebih kecil.

  • proses memasaknya kira2 membutuhkan waktu 15-20 menit ya setelah air yang di panci bawah mendidih hingga adonannya mengental. Jadi harap sabar dan jangan lupa terus di aduk.
  • Kalo airnya udah mendidih, apinya kecilin banget. Biar air yg mendidih ga naik lalu tumpah. Intinya fungsi air tetap jaga suhu biar adonannya tetep panas. Itu aja.
  • Jika sudah mengental, matikan api. Dinginkan sebentar, lalu tuang dalam wadah dan dinginkan kembali.
  • Dan taraaa selai srikaya siap dioles ke roti. Satu resep ini bisa jadi kurang lebih 2-3 toples selai (ukuran sedang). Bisa disimpen di kulkas dan tahan sampe 1 bulan lebih di wadah tertutup.
Resep Selai Srikaya
Source: Twitter arianidyaa

Selai Srikaya kok gak ada buah srikaya?

Pada thread yang sama Dinda Haje menjelaskan bahwa, “Selai merupakan tradisi bangsa melayu saat itu dan penamaannya pun menggunakan bahasa melayu yaitu sri atau seri yang berarti cerah dan kaya yaitu berwarna kuning emas. Entah kenapa kemudian nama srikaya juga digunakan untuk nama buah. Entah yang mana yang terlebih dahulu”.

Nah sekian untuk resep membuat selai serikaya, semoga dapat membantu. Berani coba?

Source: Twitter arianidyaa | Like Fanspage Luminesia disini!

2 thoughts on “Resep Selai Srikaya ala Rumahan (Home Made)

Leave a Reply

Scroll to top