Rapid Test Covid19 via Aplikasi Halodoc

Artikel ini akan menceritakan pengalaman isteri saya dalam menjalani Rapid Test Covid19 yang diadakan oleh Halodoc.

Halodoc bekerja sama dengan beberapa Rumah Sakit seperti Rumah Sakit Mitra Keluarga, Rumah Sakit Hermina dan Rumah Sakit lainnya. Aplikasi halodoc disini hanya membantu menjadi penghubung antara pasien dan Rumah Sakit dalam membuat janji. Untuk kuota nya sendiri, tes ini hanya untuk 250 orang untuk 3 hari.

Sekilas tentang Halodoc

Rapid Test Covid19 Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang membantu masyarakat dalam hal konsultasi dengan dokter, membuat janji dengan dokter, test laboratorium, pesan obat dan pelayanan kesehatan lainnya.

Halodoc beralamat di Gedung Halodoc, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav 32-33, RW.7, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan 12920.

Kamu bisa mengakses layanan Halodoc via website, akan tetapi layanan yang ditawarkan lebih sedikit dibandingkan akses layanan via aplikasi. Untuk aplikasi sendiri kamu bisa mendownload langsung di playstore secara gratis.

Cara Memesan Layanan Rapid Test Covid19 via Halodoc

  1. Install aplikasi Halodoc di handphone mu
  2. Kemudian masuk ke aplikasi Halodoc menggunakan nomor telepon mu
  3. Pilih layanan rapid test covid19
  4. Untuk satu kali layanan rapid test akan dikenakan biaya sebesar Rp 295.000 atau tergantung pilihan kamu
  5. Pilih tempat rapid test tedekat dan yang sesuai dengan budget mu. Untuk tempat pelayanan rapid test sendiri tidak menentu setiap minggu nya. Satu tempat biasanya hanya menyediakan waktu layanan selama tiga hari.
  6. Bayar tagihan mu di halodoc dan jadwal janji rapid test mu keluar

Baca Juga: Semua Informasi Terkait Covid

Pengalaman membuat janji Rapid Test Covid19 via Aplikasi Halodoc

Sedikit cerita isteri saya mengikuti rapid test karena sedang dalam keadaan hamil besar. Dan rapid test ini dimintakan untuk menjadi salah satu syarat persalinan.

Sebelum, menggunakan aplikasi Halodoc kami mencari dulu via google berapa harga untuk rapid test. Dan kami menemukan di range harga empat ratus ribu sampai satu juta. Lalu, kami coba cek di Halodoc dan harganya hanya 295rb.

Kami memesan layanan rapid test via Halodoc yang bekerja sama dengan RS Mitra Keluarga, dan bertempat di Cluster Asya Jakarta Garden City.

Saya memesan tanggal 10 Juni, untuk janji rapid test tanggal 15 Juni. Yang perlu diperhatikan ketika kita sudah membayar, status pembayaran mu pasti sedang diproses. Tidak perlu khawatir, karena pembayaran mu akan dikonfirmasi paling lambat 1 jam sebelum rapid test.

Pada hari H, kami datang pas dengan jadwal yaitu jam 9. Akan tetapi antrian sudah banyak orang mengantri. Saya sendiri menggunakan motor pribadi, karena ternyata rapid testnya secara drive thru.

Sebelum pemeriksaan, akan ada karyawan halodoc untuk mengecek transaksi kamu di Handphone. Nantinya kamu akan diberi label nama dan kode booking, yang harus kamu serahkan pada saat pemeriksaan dilakukan. Untuk pemeriksaan sendiri sebenarnya tidak lama, kurang lebih 3 sampai 5 menit. Hasil tes nantinya akan muncul di aplikasi kamu, keesokan harinya.

Kekurangan memesan layanan rapid test via Halodoc

  1. Proses konfirmasi pembayaran sangat lama, kita sebagai pelanggan merasa khawatir juga ketika saldo sudah dipotong akan tetapi status pembayarannya masih dalam proses verifikasi.
  2. Tidak ada pemberitahuan di Aplikasi bahwa rapid testnya dengan cara drive thru. Ketika saya pergi saat hari H pemeriksaan, tidak sedikit orang yang menggunakan gojek atau gocar untuk pergi ke tempat rapid test. Dan pada akhirnya mereka berjalan kaki ke tempat pemeriksaan.
  3. Tidak ada file hasil test yang bisa didownlod untuk di print. Saya sendiri mengakalinya dengan cara screen capture pada halaman hasil test dan kemudian di print.

Kamu bisa mendownload aplikasi Halodoc secara gratis, disini!

Leave a Reply

Scroll to top