Bulan ini terdapat angin segar buat para pengguna vtube dimana izin PSE Kominfo Vtube April 2021 telah keluar. Namun akankah ini benar angin segar atau hanya pengelabuan? Mari kita bahas bersama.

Izin PSE Vtube April 2021

Pada 20 April 2021 banyak yang share terkait aplikasi vtube telah mendapatkan izin PSE Kominfo. Hal ini dapat dilihat di website resmi Kominfo di PSE Kominfo. Namun walau pun sudah terdaftar pada PSE Kominfo tidak bisa dikatakan bahwa vtube legal. Ditambah tidak ada izin PSE Kominfo yang di share dalam bentuk surat, karena apabila ada maka mudah untuk menentukan apakah memang benar sedang diusahakan menjadi legal atau tidak.

PSE Vtube April 2021 (Izin Terbaru Vtube), Akankah Segera Legal?

Menentukannya mudah saja, surat PSE Kominfo yang terdaftar belum tentu Izin PSE resmi. Karena untuk sekarang baik izin Usaha maupun izin PSE Kominfo, surat izinnya keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan pengumpulan persyaratannya. Hal ini bisa kita lihat pada contoh pada izin PSE Kominfo vtube Maret di tahun 2020, disana ada catatan bahwa perusahaan wajib menyerahkan sertifikat keamanan selama satu tahun. Akan tetapi sampai maret 2021 seperti yang kita tahu, bahwa vtube tidak memiliki izin PSE Kominfo karena dicabut.

PSE Tidak Menunjukan Suatu Perusahaan Legal

Berkaca kepada Aplikasi Snack Video, yang awalnya dinyatakan ilegal menjadi legal. Mengutip pernyataan dari Koordinator Pengendalian Internet Ditjen Aplikasi Informatika Kemkominfo, Anthonius Malau mengatakan bahwa pendaftaran yang ada di Kominfo bukanlah izin untuk melakukan usaha.

Beliau juga menambahkan bahwa izin PSE tersebut hanya menandakan adanya sistem elektronik yang digunakan pada aplikasi tersebut. Sehingga meski ada izin PSE namun lembaga lain menyatakan entitas tersebut masih ilegal, maka statusnya tetaplah ilegal. (Sumber: Jakartastudio)

PSE Sudah Keluar, Website Vtube Tidak Bisa di Akses

Walau pun surat izin PSE sudah keluar (belum tahu resmi atau masih ada persyaratan yang harus dikumpulkan), tetapi website vtube tidak bisa diakses. Hal ini dapat menunjukan bahwa Vtube belum memiliki legalitas resmi karena seharusnya apabila sudah normal kembali blokir terhadap websitenya dicabut.

Vtube Legal Menurut Satgas Waspada Investasi

Aplikasi vtube dibawah PT Future View Tech, dapat dikatakan legal apabila sudah mendapatkan surat normalisasi dari Satgas Waspada Investasi. Mengapa demikian? karena Satgas Waspada Investasi merupakan lembaga dibawah naungan OJK dan 13 Lembaga terkait (termasuk Kominfo). Maka otoritasnya sangat luas, dibandingkan dengan Kominfo. Kominfo sendiri memblokir website Vtube atas permintaan dari Satgas Waspada Investasi.

Apabila kita mencoba layanan Whatsapp OJK (081 157 157 157) dan mengirimkan Vtube atau PT Future View Tech, maka akan mendapatkan balasan seperti dibawah ini.

PT Future View Tech (VTube) termasuk dalam daftar entitas yang dihentikan kegiatannya oleh Satgas Waspada Investasi (SWI) sesuai dengan Lampiran II Entitas Ilegal Juli pada Siaran Pers SWI tanggal 3 Juli 2020 yang dapat dibaca pada tautan berikut.

SWI juga telah melakukan pertemuan lanjutan dengan VTube pada tanggal 7 Juli 2020 dengan keputusan sebagai berikut :

  1. PT Future View Tech tidak dinormalisasi karena kegiatannya tidak ada izin usaha yang sesuai. Jika sudah memiliki izin usaha yang sesuai dengan kegiatan usaha, maka akan dilakukan normalisasi oleh Satgas Waspada Investasi.
  2. PT Future View Tech tetap diblokir situs dan aplikasinya, serta menghentikan kegiatan usahanya.
  3. PT Future View Tech akan dicabut Tanda Terdaftar oleh Kominfo karena melakukan kegiatan investasi ilegal.
  4. PT Future View Tech melakukan penertiban komunitas yang menawarkan paket.
  5. PT Future View Tech berkoordinasi dengan BKPM terkait perizinan yang dibutuhkan

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka PT Future View Tech (VTube) tetap merupakan entitas ilegal yang harus menghentikan kegiatan usahanya sampai diperoleh perizinan yang diperlukan.

Baca Juga: Semua Artikel Mengenai Aplikasi Vtube (PT Future View Tech)

Akan Bagus Apabila Vtube Menjadi Legal

Sebenarnya akan bagus apabila vtube menjadi legal, tetapi sepertinya tidak ada niatan dari pengembang aplikasi tersebut untuk menyelesaikan legalitasnya. Dan persyaratan dari Satgas Waspada Investasi berat untu manajemen vtube, pada poin 4 dimana vtube harus membeli VP member. Sebenarnya, berkaca kepada Aplikasi Snack Video, kurang dari seminggu surat izin usaha dan PSE Kominfo sudah didapatkan. Karena memang untuk mendapatkannya mudah dan persyaratan pengurusan diberikan setelahnya pun bisa. Bahkan Snack Video pernah menjadi sponsor disalah satu acara stasiun Televisi Swasta.

Berbeda dengan aplikasi vtube sudah sejak bulan Juli 2020 semenjak websitenya diblokir sampai bulan Maret 2021. Bahkan, dari Februari 2021 sudah menjanjikan aplikasi akan launching pada awal bulan Maret 2021 (bisa cari di Youtube dengan kata kunci “Vtube launching Bulan Maret”). Dan nyatanya sampai bulan April ini molor, bahkan disela-sela manajemen malah mengeluarkan aplikasi baru yaitu Vplus.

Dari cara mengeluarkan aplikasi Viplus saja sudah terlihat tidak ada niatan untuk mengurus perizinan. Karena lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi yang sudah ada dibandingkan dengan yang baru. Ditambah, apabila manajemen serius hanya diperlukan pemenuhan 5 syarat dari Satgas Waspada Investasi agar aplikasinya menjadi legal.

Apa Tidak Bosan Menunggu Legal?

Saya sendiri oke kalau Vtube legal, yang artinya jual-beli VP dilakukan member dengan perusahaan. Bukan perusahaan sebagai penengah dari transaksi antar member. Karena apabila jual-beli dilakukan antar member maka ini bisa disebut Skema Ponzi ditambah ada penawaran Paket Fastrack didalamnya. Dan saya pun tidak masalah dengan legalnya Vtube, apabila memang sudah dinormalisasi oleh Satgas Waspada Investasi.

Namun, apabila melihat dari gelagatnya tidak ada niatan dari manajemen untuk membenarkan masalah legalitas ini. Sudah delapan bulan semenjak Vtube dinyatakan ilegal dan sampai sekarang belum ada progress menuju legal. Sangat jauh dibandingkan Snack Video yang kurang dari seminggu, statusnya sudah berubah menjadi legal.

Saran dari saya lebih baik minta komitmen kepada para Leader, PLC atau Manajemen Vtube. Kapan pengurusan legalitas ini selesai dan tentunya harus ada hitam diatas putih dan tanda tangan di atas materai. Apabila beralasan Pemerintah susah dalam memberikan izin, maka kita bisa berkaca kembali kepada aplikasi Snack Video. Jangan mau menunggu hal yang tidak pasti, sedikit tekanan mungkin bisa mempercepat prosesnya.