Pada artikel ini akan membahas terkait peralatan yang perlu dibeli untuk keperluan bayi yang baru lahir. Artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi, sekitar 4 bulan yang lalu mempunyai. Dan barang-barang yang perlu dipersiapkan, antara lain:

peralatan bayi baru lahir
Rekomendasi Peralatan Bayi Baru Lahir

Peralatan Mandi Bayi Baru Lahir

Peralatan Mandi

Yang dimaksud peralatan mandi antaralain bak mandi, handuk dan sabun mandi. Untuk bak mandi sesuaikan dengan keperluan, karena ada bak mandi yang sudah ada dudukannya dan tidak ada. Sedangkan untuk handuk sendiri usahakan yang khusus untuk bayi, karena kelembutannya berbeda. Sabun mandi bayi biasanya sudah gabung dengan shampo, ebih baik membeli sabun mandi dengan ukuran kecil terlebih dahulu. Karena sabunnya bisa saja tidak cocok dengan kulit bayi.

Qiana (anak pertama saya) sendiri, pada awal lahir kulitnya merah seperti alergi. Setelah menggunakan sabun Geovan, perlahan-lahan kulitnya membaik. Geovan sendiri sabun mandi yang diberikan oleh Bidan yang menangani kelahiran Qiana. Untuk setelahnya Qiana menggunakan sabun & shampo seperti Chico.

Peralatan setelah Mandi

Yang tidak kalah penting adalah peralatan bayi setelah mandi seperti handuk, bedak, minyak wangi, hair lotion, minyak telon, nappy cream dan minyak kembung. Beli handuk bayi yang dikhususkan untuk bayi, karena bahan dari handuknya berbeda dengan yang dewasa. Minyak telon, minyak wangi dan hair lotion tergantung referensi setiap Bunda, tetapi khusus minyak telon wajib ada.

Nappy cream ini adalah cream untuk mengurangi ruam bekas popok. Terkadang setelah lama memakai popok kulit bayi menjadi kemerahan baik di bagian karet atau di bagian bokongnya. Cream ini membantu sekali untuk menghilangkan hal tersebut, nappy cream Qiana sendiri memakai merk Chico. Sedangkan untuk minyak kembung adalah minyak oles untuk bayi apabila perutnya mengalami kembung, untuk Qiana menggunakan minyak oles (mirip freshcare) merk natuna. Natuna sangat ampuh mengurangi kembung karena sekali pakai biasanya Qiana langsung bersendawa atau kentut.

Pakaian Bayi Baru Lahir

Pakaian, Celana atau Jumper

Kalau Qiana dipersiapkan oleh Bundanya pakaian panjang dan pakaian pendek beserta celana masing-masing setengah lusin, plus ditambah jumper beberapa buah. Bunda Qiana membeli baju dan jumper untuk newborn dengan merk lokal dan harga yang lebih murah, karena biasanya bayi pertumbuhannya cepat. Qiana yang baru 4 bulan sudah mempunyai tinggi 63cm atau hampir 3 cm perbulan. Sedangkan untuk kaos kaki dan sarung tangan bayi yang baru lahir cukup membeli 4 pasang. Dan untuk bedong sendiri setengah lusin cukup untuk 1 minggu.

Setelah masuk umur sebulan bunda juga membeli beberapa baju lagi untuk qiana dengan ukuran 6 bulan atau 9 bulan tergantung dari merk bajunya. Mengapa ukurannya besar sekali? Karena kita tidak tahu pertumbuhan bayi kita cepat atau lambat agar bajunya juga bisa dipakai lama. Untuk Qiana sendiri baju ukuran 6 bulan atau 9 bulan sudah pas di umur 3 bulan.

Popok Kain dan Popok Bayi

Untuk popok kain biasanya hanya dipakai satu minggu atau tiga minggu tergantung dari Bundanya atau Neneknya. Bunda Qiana mempersiapkan popok kain hanya setengah lusin saja, tidak terlalu banyak. Dan Qiana sudah menggunakan popok bayi biasa selang tiga minggu setelah lahir. Untuk popok sendiri lebih baik mencari via online karena biasanya harganya lebih murah.

Untuk merk popok bayi yang digunakan oleh Qiana bermacam-macam merk. Tapi beli juga popok yang murah untuk dipakai dirumah pada siang hari, karena biasanya aktivitas buang airnya lebih banyak pada siang hari. Sedangkan untuk malam hari dan berpergian menggunakan merk yang lebih bagus dan mahal. Tapi ada kekurangan dari merk popok yang murah biasanya popok lebih cepat penuh, jadi harus sering-sering menggantinya.

Peralatan Kesehatan Bayi Baru Lahir

Ini mungkin yang selalu terlewat oleh orang tua apalagi orang tua baru. Terkadang terlewat dengan peralatan kesehatan tubuh sepeti thermometer, gunting kuku dan penyedot ingus bayi. Semua orang tua pasti tidak menginginkan anaknya sakit. Tapi kita tidak tahu sakit itu kapan menyerang, lebih baik untuk mempersiapkan diri seperti thermometer dan alat penyedot ingus. Pengalaman pribadi Qiana gak tahu kenapa rewel dan ketika cek memakai thermometer badanya sedikit panas.

Qiana juga pernah mengalami flu berat dimana ingus yang keluar banyak sekali. Gak ada yang salah sama orang tua yang menghisap ingus anaknya sediri, bahkan bisa dibilang mendekatkan anak dan orang tuanya. Untuk alat penghisap ingus qiana sendiri menggunakan penghisap manual yang bentuknya menyerupai pipet untuk obat.

Anak bayi biasanya pertumbuhan kuku jarinya sangat cepat. Tidak sampai dua minggu sudah panjang lagi. Hal ini lumayan berbahaya karena terkadang menimbulkan bekas luka di wajah atau dibagian tubuh lain. Kan tinggal pakai sarung tangan dan kaus kaki? Betul, tapi dalam kasus Qiana sarung tangan dan kaus kakinya bisa dilepas sendiri maka perlu untuk mengguntingnya rutin. Tetapi hati-hati memilih gunting kuku, karena walau pun khusus untuk bayi tapi memiliki pisau yang tajam. Alternatif, lain menggunakan gunting kecil untuk memotong kukunya.

Baca Juga: Melahirkan dengan Batuk Bidan Desi Bekasi

Rekomendasi Peralatan Pumping ASI

Benda ini wajib dibeli untuk para ibu yang bekerja dan harus meninggalkan anaknya. Menggunakan susu formula memang tidak apa-apa, tetapi alangkah lebih baik sampai umur 6 bulan hanya diberikan ASI. Selain pumping artinya ada beberapa peralatan juga yang harus dipersiapkan seperti dot, botol dan sterilizer.

Pumping sendiri apabila ada teman yang punya lebih baik untuk meminjamnya terlebih dahulu atau sewa. Karena biasanya baik otomatis atau manual tergantung dengan kecocokan Ibunya. Terakadang ada Ibu yang ASI nya banyak menggunakan otomatis, begitu pul Ada juga Ibu yang mengeluarkan ASI banyak apabila menggunakan manual. Faktor lainnya selain manual dan otomatis adalah jenis dari pumping itu sendiri (merk).

Bunda Qiana sendiri menggunakan NUK Luna Electric Breast Pump, untuk kelebihan dari NUK ini menurut dari kesaksian bunda tarikannya tidak menyebabkan sakit. Akan tetapi ASI yang keluar hanya menetes saja tidak deras, jadi sedikit memakan waktu lama untuk memenuhi botolnya.

Untuk pemilihan dot lebih baik dicoba dulu ke bayi sebelum membeli banyak, karena bentuk dari dot berbeda. Qiana sendiri cocoknya hanya pakai dot NUK yang anti colic. Sedangkan untuk sterilizer sesuaikan dengan kebutuhan saja, namun alternatif lain bisa menggunakan air mendidih untuk merendam peratan dot dan botol minumnya.

Peralatan Berpergian Bayi Baru Lahir

Stroller

Stroller ini untuk bayi baru lahir tidak direkomendasikan karena biasanya tidak memiliki tempat duduk yang bisa berbaring. Pastikan apabila membeli Stroller untuk bayi baru lahir, yang posisi senderannya bisa sampai berbaring. Qiana sendiri baru dibelikan stroller pada usia 3 bulan lebih, dimana sudah sedikit bisa duduk dan senderannya pun bisa di atur. Jadi saya rekomendasikan untuk membeli Stroller ini untuk yang sering berpergian dalam jangka waktu yang lama. Untuk yang jarang berpergian gendongan bayi atau kain jarik pun tidak menjadi masalah, apalagi apabila personil penggendong bayinya banyak.

Gendongan Bayi

Gendongan bayi atau kain jarik bisa menjadi alternatif stroller, tentunya dengan pertimbangan tidak berpergian dalam waktu yang lama. Karena lama kelamaan pegal juga menahan bayi dengan gendongan, kecuali personil dari keluarga banyak dan bisa bergantian menggendongnya.

Tas Besar

Peralatan bayi harus banyak yang dibawa seperti popok, pakaian ganti dan lain-lain, hal ini memerlukan ruang yang besar untuk hal tersebut. Maka saran dari saya ganti tas sekarang apabila masih memakai tas kecil dengan tas yang besar atau dapat menampung banyak barang dan memiliki banyak kompartemen. Pilih tas dengan model dirasa nyaman saat dipakai, agar dalam waktu yang lama tidak merasa risih seperti tas selempang, tas jinjing atau tas ransel (backpack).

Car Seat

Untuk Car Seat jelas berbeda yang dikhususkan untuk newborn sampai toddler. Jadi jangan asal pilih dan beli car seat apalagi tergiur dengan harga murah. Pastikan fungsinya berjalan baik dengan menyesuaikan car seat dengan umur bayi atau berat badannya. Car seat direkomendasikan apabila orang tuanya memang sering berpergian jauh.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Apakah ada peralatan bayi yang terlewat? Jangan lupa untuk tulis di kolom komentar yah. See yaa.