Penerimaan Pegawai KUM Syariah

Disini saya akan share pengalaman tentang penerimaan pegawai KUM Syariah. KUM (Karya Usaha Mandiri) Syariah sendiri merupakan Lembaga Keuangan Non Bank yaitu Koperasi Syariah, bergerak di bidang jasa keuangan.

Penerimaan Pegawai KUM Syariah
Foto Jadul KUM Syariah

Sejarah Singkat

Karya Usaha Mandiri (KUM), merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang Jasa Pelayanan, Konsultansi dan Pengembangan Pembiayaan Mikro yang ditujukan khusus bagi rumah tangga miskin di pedesaan Indonesia dengan menggunakan pendekatan Grameen Bank. Grameen Bank adalah skim kredit bagi keluarga miskin di Bangladesh yang dinilai telah berhasil baik dan melibatkan sebagian besar wanita perdesaan. KUM dimulai pada bulan Juni tahun 1989, berlokasi di desa Curugbitung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.  

Proses Penerimaan Pegawai KUM Syariah

Hari kamis tanggal 12 April 2018 saya mendapatkan sms dari HR KUM Syariah bahwa saya masuk kedalam tahap seleksi untuk penerimaan pegawai di KUM Syariah. Saya dijadwalkan untuk mengikuti tes seleksi dan wawancara pada hari Senin tanggal 16 April 2018, di hotel Tyara Plaza Ciamis jam 08.30. Saya sendiri melamar pekerjaan di KUM Syariah dengan mengirimkan email ke career@kumsyariah.org untuk mengambil posisi bagian lapangan. Lowongan dapat dilihat disini!  

Untuk dokumen yang harus dibawa yaitu Surat Lamaran, CV, Ijazah Asli (hanya untuk verifikasi) dan dokumen pendukung serta membawa alat tulis.

Baca juga: Penerimaan Pegawai Fastwork Indonesia

Hari Senin tanggal 16 April pun tiba. Untuk tes nya sendiri ada psikotes, wawancara dengan HR, wawancara dengan Kepala Cabang.

Untuk hari Senin hanya psikotes dan wawancara dengan HR. Alhamdulillah saya termasuk yang lolos dalam tahapan tersebut dan saya diminta untuk mengikuti tahapan selanjutnya (wawancara dengan Kepala Cabang dan tanda tangan kontrak) pada Hari Selasa 17 April 2018. Akan tetapi saya tidak mengambil kesempatan itu karena orang tua tidak mengijinkan, padahal apabila lolos Hari Rabu sudah bisa bekerja.

Sedikit yang dapat saya share tentang penerimaan pegawai KUM Syariah. Semoga bermanfaat bagi yang mau mencoba mendaftar kerja di KUM Syariah.

Apabila kamu memiliki pengalaman wawancara atau melamar pekerjaan yang menarik, silahkan tuliskan dikolom komentar. Terimakasih.

One thought on “Penerimaan Pegawai KUM Syariah

Leave a Reply

Scroll to top