Harga Properti Murah bahkan GRATIS, Ada!

Saat ini sangat sulit untuk menemukan rumah dengan harga “murah” di daerah JABODETABEK. Bahkan data riset menyebutkan bahwa generasi milenial sekarang ini akan sulit untuk dapat membeli rumah dikarenakan persentase kenaikan gaji tidak berimbang (lebih kecil) dibandingkan dengan kenaikan harga properti. Tapi untuk generasi mileneal tidak perlu khawatir, karena ternyata masih ada negara yang menawarkan harga properti murah bahkan gratis.

Harga Properti Murah bahkan GRATIS, Ada!
Rumah Terbengkalai di Jepang | Source: tribunnews

Negara dengan harga properti murah bahkan gratis

Dengan kemajuan negara dan terkenal dengan biaya hidup yang mahal, ternyata Jepang memiliki lebih dari 8 juta properti yang dijual dengan harga murah bahkan gratis. Hal ini dikarenakan properti tersebut tidak ditempati lagi oleh permiliknya, banyak faktor yang menyebabkan itu terjadi yaitu properti masih mengikuti struktur bangunan lama, berada di tanah yang miring, menjadi lokasi pembunuhan dan bunuh diri.

Dan yang menjadi alasan utama banyaknya “rumah kosong” dikarenakan populasi di Jepang menurun drastis, menurut peniliti di Jepang terjadi penurunan 16 juta penduduk selama dua dekade terakhir. Di Jepang sendiri saat ini lebih banyak populasi penduduk tua, artinya semakin sedikit yang memerlukan rumah (tinggal di panti jompo atau meninggal dunia), hal ini diperparah juga dengan dewasa muda yang menolak untuk berkeluarga. Hal ini menyebabkan jumlah anak muda semakin sedikit dan tak cukup untuk mengisi kekosongan yang penduduk tua tinggalkan.

Baca Juga: Sewa Apartement Murah di Jakarta

Fenomena rumah kosong ini dapat kita temukan di pedesaan, pinggiran kota bahkan di kota besar Jepang. The Japan Times melaporkan, 1 dari 10 rumah di Tokyo saat ini tidak ada yang menghuni. Untuk rumah kosong ini ada yang harga jualnya hanya 4 dollar US atau bahkan 0 alias gratis. Kamu dapat melihat beberapa contoh rumahnya disini atau dalam program Akiya Banks.

Apakah Warga Negara Asing Dapat Memiliki Rumah Murah tersebut?

Dilansir dari Science Alert, Warga Negara Asing (Non Jepang) boleh memiliki “rumah kosong” ini. Berikut persyaratannya:

  • Anda perlu menjadi warga negara Jepang dengan visa khusus bagi permanent resident
  • Memiliki keahlian khusus atau sudah mendapatkan tawaran pekerjaan di Jepang
  • dan harus berkomitmen menghuni rumah mereka secara permanen.

Syarat yang tidak terlalu rumit bukan? Apakah kamu tertarik dengan tawaran ini? Tuliskan dikomentar.

Source: Kompas dan Tribunnews Bangka

One thought on “Harga Properti Murah bahkan GRATIS, Ada!

Leave a Reply

Scroll to top