Menguatkan Brand Bisnis dengan Internet

Menguatkan Bisnis dengan Internet
Menguatkan Bisnis dengan Internet

Masyarakat saat ini sudah tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya internet dari mulai bangun tidur, aktivitas hingga tidur kembali. Hal ini juga berlaku dalam mencari berbagi informasi mulai dari produk, pembelajaran, perusahaan, profil seseorang dan sebagainya. Melihat fakta tersebut penulis akan mengulik bagaimana menguatkan bisnis dengan internet sendiri.

Ada Apa dengan Internet?

Menguatkan Bisnis dengan Internet
Source: Canva

Internet merupakan hal yang tak asing lagi di telinga masyarakat. Ada data yang menarik yang membuat internet menjadi suatu media yang menguatkan suatu brand bisnis.

Pertama, pengguna internet di Indonesia tercatat dengan jumlah 171 juta jiwa atau sama dengan 64% dari jumlah penduduk Indonesia dengan pertumbuhan pengguna dalam satu tahun adalah 10%.

Kedua, Pengguna internet rata-rata terbanyak pemakaian internet adalah selama 3-4 jam perhari atau sekitar 1/6 waktu dalam sehari digunakan untuk Internet.

Ketiga, data untuk penggunaan internet dalam mencari informasi dan data terkait mencapai angka 8,5%.

(Data Survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun 2018)

Mengapa Harus dengan Internet untuk Menguatkan Bisnis

Beberapa keuntungan menggunakan internet dalam bisnis, diantaranya:

Multi Content (Berbagai Macam Konten)

Konten yang dapat ditampilkan di internet sangatlah beragam seperti foto dan video bahkan bisa juga menggabungkan keduanya. Maka pesan brand akan lebih mudah tersampaikan kepada calon konsumen.

Easily Interaction (Mudah Berinteraksi)

Internet dapat menjadikan interaksi antara produsen dan konsumen menjadi lebih mudah dan cepat. Produsen dan konsumen bisa berkomunikasi walau pun jarak antara keduanya berjauhan.

Measurable (Terukur)

Dalam mengukur keberhasilan menyampaikan pesan produk (iklan) kepada konsumen sangat mudah untuk diukur menggunakan internet. Kita bisa melihat statistik jumlah kunjungan website/ profile sosial media atau dengan banyaknya interaksi dengan konsumen.

Easily Update (Mudah Update)

Mudah update disini dalam berbagai hal yang berhubunngan dengan bisnis anda mulai dari update katalog produk, update ketersediaan barang, update waktu pembuatan (Jasa Pre-Order) dan lain sebagainya. Contoh kemudahan dalam update katalog produk, dalam katalog produk konvensional (menggunakan majalah atau kertas) akan memakan waktu seharian dalam membuatnya dan menyebarkannya, tetapi dengan internet anda hanya perlu beberapa menit saja untuk merubahnya.

Cost Effeciency (Penghematan Biaya)

Dengan internet banyak baiaya yang dapat dipotong seperti dalam promosi atau dalam pembuatan katalog produk. Dalam hal promosi contohnya, dengan biaya minimal (dibandingkan iklan konvensional), anda bisa mengiklankan produk anda untuk menjangkau konsumen dengan target tertentu, dalam satu kali pos bisa menjangkau ribuan orang dan jangkauan wilayahnya luas.

Follow Up Iklan Media Lain

Apabila anda sebagai produsen membuat Iklan dengan berbagai media seperti Print Ads (brosur dan sebagainya), Radio atau Televisi maka konsumen akan lebih mudah untuk menemukan kita di internet. Sebelum melakukan pembelian, sebuah kewajaran konsumen mencari informasi terkait produk atau perusahaan yang dilihat atau didengar melalui iklan media lain.

Mengaplikasikan Internet pada Bisnis

Menguatkan Bisnis dengan Internet
Source: Canva

Untuk memaksimalkan manfaat internet untuk menguatkan brand bisnis, maka anda harus mempunyai domain (website). Apa itu domain? Domain adalah nama unik atau alamat yang mengantarkan anda kepada sebuah website atau nama untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan Internet Protocol (IP).

Domain (website) ini nantinya digunakan untuk mempermudah konsumen dalam mencari informasi mengenai produk atau perusahaan, berbelanja atau berkonsultasi tentang produk. Dan dampaknya akan menguatkan branding suatu produk atau merk. Ada pun manfaat mempunyai domain sendiri diantaranya,

  1. Terlihat Lebih Profesional (bisnis dalam bidang jasa)
  2. Meningkatkan kredibilitas
  3. Mudah diakses (24 jam)
  4. Sarana Katalog Produk dan Jasa (Portofolio)
  5. Layanan Tambahan bagi Pelanggan

Mulai Dari Ini untuk Menguatkan Bisnis dengan Internet

Apabila kamu belum mempunyai website kamu bisa memulainya dengan membeli domain website. Domain website ini bisa kamu dapatkan dari penyedia layanan domain atau hosting. Saya merekomendasikan rumahweb, selain menjual harga domain murah rumahweb juga memiliki layanan CS sangat cepat dalam menjawab pertanyaan dan keluhan. Saya sendiri membeli domain luminesia dari rumahweb, sekarang giliran anda merasakan.

Apabila kamu memerlukan jasa dalam pembuatan website murah kamu juga bisa memesannya disini. Sekian artikel tentang menguatkan bisnis dengan internet, semoga bermanfaat. Jangan Lupa Comment dan Share yaah.

Like Fanspage Luminesia disini!

Leave a Reply

Scroll to top