Membuat Surat Keterangan Pindah Domisili Bandar Lampung

Saya membuat SKPD karena isteri dan saya berbeda provinsi. Untuk pengurusan Surat Keterangan Pindah, persyaratan yang diminta berbeda-beda setiap daerah, tergantung dengan kebijakan dari DISDUKCAPIL di wilayah tersebut. Dan disini saya akan menceritakan terkait pengalaman saya dalam membuat Surat Keterangan Pindah Domisili di Kota Bandar Lampung.

Kenapa domisili isteri harus dipindahkan? Karena hal ini diperlukan untuk membuat KK dan KTP baru. Nantinya isteri akan beralamat sama dengan KTP saya dan kemudian dibuatkan Kartu Keluarga. Baru bisa untuk mengajukan cetak Kartu Penduduk Elektronik Baru.

Sekilas tentang Surat Keterangan Pindah Domisili

SKPD dibutuhkan apabila kamu memutuskan untuk pindah tempat tinggal. Pengurusan surat ini di tujukan untuk memperbarui database yang dimiliki oleh DISDUKCAPIL, mengganti data Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Ada beberapa alur yang harus dilewati dalam mengurus surat pindah domisili ini dimulai dengan mencabut data anda ditempat tinggal asal dan mendaftar di tempat baru.

Mengurus SKPD Proses di Kelurahan dan Kecamatan Bandar Lampung

Pertama, yang kamu butuhkan adalah Surat Pengantar yang bisa kamu dapatkan dari RT. Karena di wilayah istri saya tidak ada RW, maka tidak perlu memintakan tanda tangan. Kedua, kamu harus bawa surat pengantar itu kekelurahan, adapun dokumen lain yang dibutuhkan antara lain:

  • KTP Asli dan Fotocopy
  • Bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan Fotocopy
  • Kartu Keluarga Asli dan Fotocopy
  • Pas Photo 3×4

Di Kelurahan kamu akan diminta untuk mengisi formulir perpindahan penduduk (formulir f1.01). Kamu akan diberikan surat pengantar ke kecamatan, dimana kamu hanya perlu meminta tanda tangan dan cap kecamatan. Surat pengantar tadi nantinya akan kamu bawa untuk keperluan di DISDUKCAPIL.

Mengurus SKPD Proses di DISDUKCAPIL Bandar Lampung

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung beralamat di Jalan Dokter Susilo No.1A, Sumur Batu, Kec. Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung atau dekat kantor Gubernur Lampung. Kamu memerlukan beberapa dokumen untuk mengurus membuat Surat Keterangan Pindah Domisili, antaralain:

  • Kartu Keluarga Asli
  • KTP Asli dan Fotocopy
  • Buku Nikah isteri/ suami dan Buku Nikah Orang Tua
  • Pas Photo 3×4
  • Bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan Fotocopy
  • Sediakan juga materai 6000
  • Dan Surat Pengantar dari Kelurahan Domisili

Baca Juga: Cara Membuat Surat Keterangan Domisili

Dalam pengurusan SKPD biasanya dibarengi dengan penggantian KK dengan yang baru, karena akan ada orang yang dihapus dari KK. Kamu akan diminta untuk menuliskan kembali KK di form pembuatan KK baru. Nantinya Kartu Tanda Penduduk orang yang pindah akan dibolongi, agar tidak bisa ddigunakan kembali. Untuk pengerjaan nya sendiri selama 2 hari apabila mengacu dari website resmi DISDUKCAPIL Bandar Lampung. Akan tetapi pengalaman saya kemarin, saya diberikan surat pengambilan berkas dengan waktu 2 minggu. Saat pengambilan kamu akan diberikan Surat Keterangan Pindah Domisili dan Kartu Keluarga Baru.

Sangat kecewa dengan pelayanan DISDUKCAPIL Bandar Lampung, karena hanya untuk mengurus SKPD dan KK lamanya sampai 2 minggu untuk pengambilan berkas. Ditambah saya dan isteri sudah tidak tinggal lagi di Bandar Lampung, akhirnya pengambilan berkas pun dititipkan ke teman adik ipar. Sangat disayangkan padahal bilangnya pelayanan sekarang sudah online akan tetapi perlu waktu yang lama. Yang membuat kecewa juga ketika mencari persyaratan untuk pengurusan SKPD di Bandar Lampung sulit ditemukan pada saat itu.

Untuk pengurusan perpindahan domisili satu keluarga atau satu Kartu Keluarga dari Website DISDUKCAPIL Kota Bandar Lampung, persyaratan yang dibutuhkan antaralain:

  • Kartu Keluarga Asli
  • Fotocopy KTP Electronic Anggota Keluarga
  • Pas Photo Anggota Keluarga Ukuran 6×4
  • Surat Pengantar

Persyaratan Membuat Surat Keterangan Pindah Domisili DKI Jakarta

Untuk membuat SKPD di wilayah DKI Jakarta, persyaratannya sama antara berpindah keluar dan kedalam wilayah DKI. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus surat pindah di DKI, antaralain:

  • Kartu Keluarga Asli dan Fotocopy
  • Kartu Tanda Penduduk Asli
  • Keterangan Alamat Pindah

Mengurus Surat Keterangan Pindah di Domisili Baru

Mengurus Surat Keterangan Pindah ke alamat baru, persyaratan hampir sama dengan mengurus SKPD di domisili asal. Beberapa berkas yang dibawa pemohon, antaralain:

  • Surat Pengantar RT/ RW alamat baru
  • SKPD dari DISDUKCAPIL dari alamat sebelumnya
  • Surat Keterangan Domisili
  • Fotocopy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk tetangga terdekat dengan rumah baru. Fotocopy dibutuhkan untuk menjadi penjamin diri anda bahwa anda benar beralamat disana.
  • Namun apabila pemohon menumpang di rumah orang, maka harus menyertakan fotocopy KK dan KTP pemilik rumah yang ditumpangi pemohon.
Biaya Mengurus Surat Keterangan Pindah Domisili

Biaya yang diperlukan untuk mengurus SKPD adalah gratis kecuali biaya untuk membeli materai fotocopy dan lain-lain. Untuk biaya biasanya ada di pengurusan surat pengantar RT atau RW, akan tetapi tidak ditentukan biayanya atau sukarela.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang cara mengurus atau membuat SKPD. Yang perlu diperhatikan, persyaratan dokumen disetiap daerah bisa berbeda-beda, seperti di kota Bandar Lampung harus ada bukti pembayaran PBB terbaru. Maka untuk teman-teman yang sedang mengurus berkas untuk pindah, lebih baik cek di website resmi DISDUKCAPIL daerah tersebut.

Bagaimana cara mengurus SKPD di daerahmu? Share dikolom komentar yah siapa tau ada yang membutuhkan informasi tersebut. Jangan lupa juga untuk subcribe dan likes fanspage luminesia.

Leave a Reply

Scroll to top