Beberapa bulan belakangan ini banyak bermunculan komunitas berbagi, tetapi ada yang aneh yaitu menjanjikan keuntungan yang berlipat ganda. Begitu pun dengan komunitas Go Champion Indonesia yang menjanjikan uang 100 juta untuk donasi 800 ribu. Pada artikel ini akan membahas tentang hal tersebut secara mendalam.

Sekilas Tentang Komunitas Go Champion Indonesia

Komunitas Go Champion Indonesia, Bayar 800 Ribu Dapat 100 Juta

Didirikan oleh Heri Yeo Go Champion memiliki konsep komunitas berbagi, dimana bagi setiap anggota yang berdonasi akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang didapatkan adalah sebanyak 100 juta dengan donasi hanya 800 ribu. Komunitas berbagi Go Champion diklaim memiliki kantor di Batam (belum tahu alamat lengkapnya).

Skema Berbagi Komunitas Go Champion

Ada 5 level yang ada di Go Champion yaitu Star, Pioneer, Master, Legend dan Champion. Setiap masing-masing level akan mendapatkan hasil yang berbeda, seperti untuk level star akan mendapatkan uang sebanyak satu juta dua ratus. Uang 800 ribu yang kamu donasikan dibagi menjadi 3 pengeluaran yaitu untuk biaya registrasi, transfer sponsor dan transfer ke pihak lain. Dan nantinya member akan mendapatkan donasi dari member lain dengan total 100 juta rupiah.

Skema Komunitas Go Champion Indonesia

Apabila dilihat dengan seksama maka yang dilakukan oleh Go Champion merupakan arisan berantai atau skema ponzi. Dimana keuntungan yang didapatkan member merupakan uang dari member lain yang bergabung atau ingin naik level. Untuk Skema Ponzi sendiri biasanya tidak memiliki umur panjang, karena skema ini membutuhkan member baru untuk tetap hidup dikarenakan perputaran uang hanya dari member. Dalam Skema Ponzi yang dirugikan adalah member yang terakhir bergabung atau ketika pertumbuhan jumlah member sudah mulai jenuh. Skema Ponzi sendiri sudah diberikan Fatwa Haram oleh Lembaga Nahdatul Ulama dengan alasan mengandung Gharar.

Sekilas Skema Ponzi

Skema Ponzi merupakan skema bisnis dimana para anggotanya mendapat keuntungan dan bonus yang berasal dari modal atau biaya daftar modal baru. Apabila di Indonesia lebih dikenal dengan money game atau arisan berantai. Dimana biasanya menawarkan keuntungan yang tidak wajar dan tidak memiliki produk atau jasa yang dijual. Walau pun ada produk atau jasa yang dijual biasanya hanya kedok saja dan biasanya harga lebih mahal di pasaran bahkan gratis.

Go Champion Skema Ponzi Kedok Berbagi

Banyak sekali kedok dari skema ponzi ini mulai dari investasi, jual produk, jual jasa bahkan sampai ke jualan agama (sedekah atau donasi). Hal ini yang dilakukan oleh Go Champion yaitu skema ponzi tetapi memiliki kedok berbagi. Dapat dilihat dari skemanya bahwa yang dilakukan oleh Go Champion hanya melakukan perputaran uang antar member. Dan pada akhirnya akan tersendat perputaran uang tersebut disebabkan oleh tidak ada member baru yang masuk atau bergabung.

Contoh komunitas yang sama dengan Go Champion adalah Auto Gajian (Real Sultan), dimana member diminta berdonasi 1,5 juta untuk mendapatkan keuntungan 150 juta. Tentu saja selain masuk daftar entitas ilegal, go champion juga telah mengalami SCAM.

Baca Juga: Auto Gajian atau Real Sultan Skema Ponzi Dalih Berbagi

Go Champion Pasti Bubar

Berakhirnya atau bubarnya suatu skema ponzi adalah kepastian, hal ini hanya perlu menunggu waktu saja. Karena skema ponzi tidak memiliki bisnis yang jelas hanya mengandalkan perputaran uang member dan mengandalkan member baru. Go Champion juga seperti itu, saat ini masih berjalan karena masih banyak orang awam yang mengikuti kegiatan tersebut.

Saat ini Go Champion sudah masuk ke radar Satgas Waspada Investasi dibawah naungan OJK. Menetapkan bahwa Go Champion sudah masuk ke dalam daftar entitas investasi ilegal. Ini sama seperti Real Sultan atau Auto Gajian sebelumnya yang masuk ke dalam daftar dan tidak lama kemudian mengalami SCAM.

Bahkan Auto Gajian melakukan kejar-kejaran dengan Satgas Waspada Investasi, dimana mengganti nama beberapa kali. Tidak lama lagi Go Champion juga akan mengalami hal yang sama seperti yang terjadi dengan Auto Gajian.

Walau pun pertumbuhan member terus berlanjut pasti akan ada titik jenuh juga. Karena populasi manusia terbatas dan yang awam terhadap skema ponzi hanya sebagian, maka dari itu dapat dipastikan Go Champion akan bubar (SCAM) pada akhirnya.

Go Champion Dijamin Oleh Owner

Meskipun dijamin oleh owner skema ponzi akan bubar pada saatnya tergantung dengan pertumbuhan member. Jaminan dari owner tidak menjamin bahwa komunitas atau usaha itu akan jalan terus. Ambil contoh kasus yang pernah melibatkan owner seperti HIPO atau Real Sultan dimana para owner tampil dan menjamin bahwa usahanya tidak akan scam, namun pada akhirnya scam juga.

Karena itu merupakan hal yang alami, dimana skema ponzi akan SCAM pada akhirnya. Owner turun gunung menawarkan paket Go Champion? Tentu jelas bukan garansi keamanan. Seperti komunitas yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Keuntungan Bagi Owner Komunitas Go Champion Indonesia

Keuntungan menjadi owner Go Champion dengan skema ponzi walau pun tidak langsung menerima transfer dari member, antaralain:

Tiket Registrasi

Dari tiket registrasi saja sudah banyak yang didapatkan oleh owner Go Champion. Kita memakai perhitungan untuk level terendah saja yaitu STAR dengan uang registrasi 100 ribu rupiah. Apabila terdapat seratus member saja dengan level star maka owner akan mendapatkan uang sebanyak sepuluh juta rupiah. Belum lagi apabila semua member berlanjut kepada level yang lebih tinggi maka keuntungan owner pun semakin besar.

Transfer Kepada Orang Yang Tidak Dikenal

Walau pun hanya sebatas asumsi, tetapi ada kemungkinan besar bisa terjadi hal licik seperti ini. Misal, A member baru diminta untuk transfer 400 ribu kepada B yang sama-sama level star. B bisa saja hanya akun palsu dari manajemen Go Champion dengan menggunakan nomor rekening teman atau kerabatnya.

Tapi kan ada nomor rekening atau antrian? Nomor rekening walau pun bukan atas nama owner atau manajemen bisa saja menggunakan nomor rekening teman atau kerabat. Sedangkan, untuk nomor antrian tidak bisa menjamin bahwa manajemen Go Champion tidak bisa memasukan akun palsu kepada daftar tersebut.

Asumsi ini berdasar bahwa tidak ada member yang bisa mengecek bahwa yang ditransfer oleh member tidak ada kaitannya dengan owner atau manajemen, misalnya masih kerabat atau teman dekat.

Belajar dari Pengalaman Auto Sultan atau Real Sultan

Belajar dari pengalaman banyak sekali member Real Sultan yang uangnya habis mengikuti Real Sultan. Bahkan ada yang habis puluhan juta. Susah untuk menjerat yang namanya owner dari sistem seperti go champion ini karena perputaran uang antar member tidak secara langsung masuk ke dalam kantong owner. Jangan jadi korban hentikan segera. Apabila sudah terlanjur ikut maka cepat tarik kembali minimal modal sudah kembali.

Jangan menjadi orang yang serakah dan dibutakan oleh uang, sehingga otak tidak mampu berfikir atau berlogika. Tidak mungkin sebuah perusahaan atau komunitas tetap hidup apabila perputaran uang yang dianggap keuntungan merupakan dari member lain. Karena jumlah manusia terbatas, dan yang bodoh (kurang baca) dan serakah lebih sedikit jumlahnya.

Kesimpulan tentang Komunitas Go Champion Indonesia

Go champion merupakan komunitas yang mempraktekan skema ponzi dengan dalih komunitas berbagi. Hal ini sudah pernah dilakukan oleh kakak tertuanya yaitu Real Sultan. Maka jangan heran nanti, apabila komunitas ini nantinya akan menghilang dari peredaran (SCAM). Ditambah Go Champion sudah masuk radar SWI dan dimasukan kedalam daftar entitas ilegal, maka SCAM tinggal menunggu hari.

Nah sekian artikel kali ini, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk sebarkan kepada teman yang membutuhkan. Terimakasih.