Keganjilan Praktik Bisnis Iklan Vtube

Pada media sosial facebook di beberapa grup atau halaman yang anggotanya bisa mengirimkan beberapa promosi terkait vtube. Bahkan promo ini ada pada grup facebook seperti lowongan kerja, komunitas dan lain-lain. Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa keganjilan yang ditemukan pada praktik bisnis iklan Vtube.

Sekilas tentang Aplikasi Vtube

Praktik Bisnis Iklan Vtube

Aplikasi vtube merupakan aplikasi yang di buat oleh PT Future View Tech. Dimana orang yang mendownload aplikasi akan mendapatakan Vtube Poin (VP) dengan cara menonton video iklan yang ada di aplikasi. Untuk pembayarannya sendiri VP tidak bisa di tarik secara langsung, tetapi harus masuk ke dalam proses exchange counter dan menjualnya. Menjual disini dalam arti member menjual VP kepada member lain yang tengah membutuhkan VP.

VP sendiri memiliki nilai sebesar satu dolar atau sekitar lima belas ribu rupiah. VP ini selain dijual ke member bisa digunakan untuk naik level. Level yang dimaksud adalah level bintang, dimana bayaran member vtube semakin mahal apabila level semakin tinggi. VP ini tidak bisa digunakan untuk pembelian atau pembelanjaan online hanya poin biasa.

Cara Memasang Iklan pada Aplikasi Vtube

Untuk memasang iklan di vtube ada beberapa paket yang ditawarkan, dimana untuk 1 iklan lima belas detik untuk sepuluh hari dan/ atau 10 ribu tayangan. Harganya pun dapat dikatakan tinggi dibandingkan dengan digital advertising lainnya. Untuk 10 ribu tayangan vtube mematok harga sebaesar 500 dolar US. Untuk pengiklan tidak bisa membeli langsung paket iklan ke perusahaan tetapi ke member dengan cara membeli VP di exchange counter (klaim member).

Status Aplikasi Vtube

Saat ini status vtube ilegal karena tidak memiliki izin dari OJK dan sudah dimasukan ke dalam daftar investasi ilegal oleh SWI. Mengapa vtube memerlukan izin dari OJK? Karena dengan adanya kenaikan level yang harus dibayar dengan uang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dikemudian hari sama dengan investasi.

Untuk perizinan Kominfo izin dari vtube telah dicabut, sesuai dengan saran dari SWI atau Satgas Waspada Investasi. Apabila mencari vtube pada website resmi Kominfo yaitu PSE Kominfo, maka nama perusahaan yang mengeluarkan aplikasi tersebut tidak bisa ditemukan. PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) Kominfo ini wajib untuk setiap perusahaan yang menjalankan usahanya pada media sistem elektronik baik website maupun aplikasi.

Keganjilan Praktik Bisnis Iklan Vtube

Izin Usaha Praktik Bisnis Iklan Vtube

izin usaha industri dari Vtube bukan untuk usaha periklanan tetapi usaha pengadaan, penginstalan dan perakitan komputer. Ini dapat dilihat pada nomor KBLI yang ada pada Surat Izin Usaha Industri yang selalu disebar oleh member vtube. Hal ini menyebabkan surat izin usaha industri tersebut tidak berlaku, sesuai dengan ketentuan undang-undang tentang Izin Usaha Industri.

Harga Mengiklan di Aplikasi Vtube Mahal

Harga iklan di vtube bisa dikatakan mahal sekali untuk perusahaan yang baru terjun ke dunia digital. Bagian ini akan membandingkan tentang harga iklan di Youtube dan Vtube sebagai gambaran.

Harga Iklan di Vtube

Seperti yang diutarakan sebelumnya bahwa harga termurah untuk 10 ribu tayangan di Vtube adalah sebesar lima ratus dolar untuk 10 hari (Paket Bronze). Kedua, Paket Silver dimana dalam 10 hari menampilkan dua puluh lima ribu tayangan dengan harga seribu dua ratus dolar. Ketiga, Paket Gold dengan penawaran 100 ribu tayangan selama sepuluh hari dengan harga tiga ribu dolar. Keempat, Paket Diamond dengan harga enam ribu dolar dijanjikan mendapatkan dua ratus lima puluh ribu tayangan. Dan yang terakhir, Kelima, Paket VIP dengan tawaran 1 juta view dengan harga lima belas ribu dolar.

Kita mengambil contoh yang paling murah yaitu paket bronze dimana untuk 10 ribu tayangan memerlukan lima ratus dolar. Jadi hitungannya setiap perseribu tayangan harga dari iklan tersebut adalah lima puluh dolar US. Mengapa harus dihitung perseribu tayangan? Karena youtube menggunakan algoritma tersebut untuk menghitung biaya yang dibutuhkan oleh pengiklan atau lebih dikenal dengan CPM (Cost Per Miles).

Harga Iklan di Youtube

Harga CPM di Youtube adalah satuan harga biaya yang ditetapkan Youtube untuk seribu penayangan yang dibayarkan kepada Youtuber (bagi hasil 45:55). Sesuai dengan yang dilansir oleh Kompas, untuk posisi terakhir CPM pada bulan juni 2020 adalah 0,86 dolar. Jadi untuk setiap jumlah penayangan seribu dihargai dengan 0,86 dolar atau kita bulatkan saja menjadi 1 dolar. Jadi yang dibutuhkan untuk 10 ribu tayangan di youtube adalah sebesar 10 dolar.

Untuk harga sendiri sebenarnya Youtube memiliki beberapa paket, dalam arti mau seperti apa action yang digunakan ketika customer mengklik iklan. Pilihannya ada untuk menelepon, pengunjung atau penjualan via website dan mengajak orang untuk visit ke toko. Saya mencoba untuk menggunakan penjualan via website dan begini hasilnya.

Pasang Iklan di Google
Hasil Cek Harga Google Adsense

Dapat dilihat untuk paket murah yaitu estimasi biaya yang dikeluarkan rata-rata adalah 8 dolar dengan maksimum 234 dolar perbulan. Dengan menghabiskan dana 234 dolar estimasi mendapatkan pengunjungnya diantara 10.150 – 16.940, dengan perkiraan klik 970 – 1.630 per bulan. Dapat dilihat persentasi antara pengunjung dan klik mendekati angka 10%.

Ketentuan Google Adsense

Pada gambar yang menunjukan google Adsense ada beberapa ketentuan yang dituliskan, yaitu:

  • Pembayaran iklan hanya yang di klik saja.
  • Biaya rata-rata perhari adalah estimasi pada beberapa waktu, masih ada kemungkinan untuk membayar lebih dari itu dan di waktu yang lain membayar kurang dari biaya rata-rata. Akan tetapi tidak akan melebihi pengeluaran maksimal perbulan.
  • Kamu bisa menghentikan iklan mu kapan saja.

Untuk Adsense sendiri ada fitur yang memudahkan kita beriklan sesuai degan kemampuan kantong kita. Pada gambar diatas adala tulisan set your own budget yang artinya kita dapat menentukan biaya iklan kita sendiri.

Perbandingan Youtube dan Vtube

PERBEDAANYoutubeVtube
PenontonTidak di bayar dan bisa menonton secara gratisPenonton dibayar dengan cara menonton iklan
IklanTertarget sesuai dengan daerah dan ketertarikan penontonIklan ditotonton oleh penonton bayaran
Video TersediaHasil upload YoutuberHasil embed video Youtube
Harga IklanSekitar 23,4 dolar per seribu tayanganSekitar 50 dolar per seribu tayangan
MarketLuas dan TertujuSempit
Tabel Perbedaan Youtube dan Vtube

Vtube Aplikasi Tertutup

Ada yang aneh dengan Vtube, apabila mengaku sebagai platform video dengan digital advertising saingan dari Youtube. Bagaimana mungkin aplikasi yang tertutup, bisa mengalahkan aplikasi terbuka seperti Youtube. Maksud dari terbuka dan tertutup disini adalah aplikasinya tidak perlu untuk melakukan login terlebih dahulu. Kita apabila ingin menonton Youtube tidak perlu untuk login terlebih dahulu, sedangkan Vtube harus login terlebih dahulu.

Dari aplikasi tertutup seperti ini saja dapat dilihat apabila market Vtube itu sempit, sedangkan market Youtube sangat luas sekali. Apabila terdapat satu juta pendownload yang mengunduh vtube, maka marketnya hanya sebatas itu. Sedangkan Youtube marketnya tidak terbatas atau bisa mencapai seluruh dunia. Ditambah lagi Youtube memiliki algoritma yang bisa menampilkan iklan tepat sasaran, sedangkan Vtube hanya mengandalkan penonton bayaran.

Praktik Bisnis Iklan Vtube Hanya Admob

Apabila melihat dari screenshoot yang tersebar tentang video dan iklan yang tayang di Vtube, ada kemungkinan bahwa video yang beredar hanyalah video embed dari situs Youtube. Embed adalah cara untuk menampilkan suatu data atau media (baik gambar atau video) yang berasal dari website lain.

Sedangkan iklan yang ada pada vtube kemungkinan adalah admob. Admob adalah iklan yang ditmampilkan pada aplikasi berasal dan ditampilkan oleh google. Iklan Admob adalah salah satu sumber penghasilan untuk pengembang aplikasi. Sama dengan adsense untuk penghasilanya sendiri terdiri dari dua cara yaitu dengan jumlah penayangan iklan dan jumlah klik.

Ada kemungkinan vtube menggunakan cara ini untuk mendapatkan uang, bukan dari perusahaan yang ingin beriklan. Dapat dipastikan bahwa uang yang didapatkan oleh vtube tidak sebesar apabila dari pengiklan asli.

Dalam peraturan Admob sendiri tidak boleh pemilik aplikasi mengiming-imingi akan adanya kompensasi apabila menonton atau mengklik iklan. Maka iklan admob akan di banned. Kemungkinan yang paling buruk adalah iklannya bukan admob tetapi sama seperti video lainnya yaitu hanya video embed. Dan penghasilan vtube berasal dari menjual VP kepada member untuk menaikan level.

Tidak Ada yang Mau Mengiklan di Vtube

Sangat tidak memungkinkan untuk advertiser membuat iklan di Vtube. Dikarenakan beberapa alasan pertama, iklan dibuat bukan untuk populer tapi memiliki tujuan seperti branding, data atau penjualan produk. Kedua, pemirsa dari vtube merupakan bayaran tidak ada perusahaan yang menginginkan hal tersebut karena kecil kemungkinan berubah menjadi pembelian. Ketiga, harga paket yang ditawarkan oleh aplikasi Vtube termasuk mahal. Keempat, pemirsa dari Vtube sangat sempit hanya untuk member yang registrasi pada aplikasi.

Hal yang di Perhatikan oleh Advertiser

Advertiser atau pengiklan sangat memperhatikan bagaimana budget untuk iklan di habiskan ke perusahaan pengiklan dengan benar. Maka sudah pasti adanya riset terlebih dahulu sebelum produk atau jasa di iklankan. Riset yang dilakukan antaralain:

  • Latar Belakang Perusahaan; Seperti legalitas, melihat study case dari yang sudah iklan di suatu aplikasi. Dilihat dari aspek legalitas jelas vtube sudah tidak lolos. Karena baik izin dari Kominfo dan Izin Usaha Industrinya sudah tidak berlaku. Untuk Kominfo adalah izin PSE, dicabut atas saran Satgas Waspada Investasi. Sedangkan Izin Usaha Industri tidak berlaku karena izin dan praktik usahanya tidak sesuai.
  • Konversi Aksi dari Jumlah yang menonton; Pada google adsense kita hanya membayar iklan yang dikonversikan menjadi klik. Sedangkan untuk Vtube hanya tayangan saja. Ditambah penonton menginginkan bayaran, sudah pasti bukan target market yang tepat. Sedangkan untuk Youtube siapa pun dapat melihat iklan tidak perlu login terlebih dahulu, serta Youtube memiliki algoritma yang menayangkan iklan pada orang yang tepat.
  • Harga; Harga yang ditawarkan oleh Vtube sangat mahal yaitu 50 dolar untuk seribu tayangan. Sedangkan harga standar Youtube adalah 1 dolar untuk seribu tayangan, tetapi harga bisa berbeda-beda sesuai dengan target market yang dituju dan jasa yang akan di iklankan.
  • Kemudahan dalam mengolah data; Dalam Youtube mudah untuk milihat statistik dari iklan yang diiklankan. Baik dari yang menonton dan siapa saja yang mengklik iklannya. Youtube juga bisa mengatur bagaimana aksi yang dilakukan oleh penonton iklan yaitu menelepon, masuk ke website atau mengunjungi toko fisik.

Sekian artikel mengenai Keganjilan Praktik Bisnis Iklan Vtube. Baca juga beberapa artikel terkait Vtube:

Leave a Reply

Scroll to top