Kecewa dengan Pelayanan Agen Top House Bassura City

Disini saya akan menceritakan terkait pengalaman menyewa apartement Bassura City melalui agen Top House.

Sekilas tentang Bassura City

Bassura City adalah sebuah kawasan hunian superblok dengan konsep mixed Use Development, yaitu sebuah kawasan yang memadukan antara hunian dan commercial area. Tempat ini dikembangkan oleh Synthesis Development yang dibangun di atas lahan seluas empat hektar dan berlokasi di Jl. Basuki Rahmat No. 1 A Jakarta 13410.

Membuat Member Parkir Bassura City
Source: Bassura City

Sekilas tentang Top House

Top house merupakan agen yang membantu jual beli dan sewa property. Agen Top House ada di beberapa apartement, seperti apartement cassablanca dan apartement Bassura City.

Kecewa dengan Pelayanan Agen Top House Bassura City

Mengapa saya kecewa dengan pelayanan Agen Top House? Disini saya akan menceritakan dari awal. Saya menyewa apartemen Bassura City lewat agen property tersebut, saya menyewa unit C 25 BA. Untuk sewa sendiri, saya menyewa selama 6 bulan yaitu dari Desember 2019 sampai bulan Mei 2020. Harga sewa sendiri adalah sebesar 15 jt/ tahun dengan deposit 2 jt rupiah, sudah bebas biaya maintanance. Untuk deposit sendiri dijelaskan hanya untuk biaya kebersihan, membersihkan AC dan pembayaran listrik & air penggunaan bulan sebelumnya.

Kekecewaan saya yang pertama adalah ketika saya masuk ke unit apartemen bassura city, sebelumnya dijanjikan unit akan dibersihkan dan AC akan dicuci sebelum saya masuk unit. Akan tetapi ketika masuk unit seperti dibersihkan seadanya (sapu seadanya) dan AC pun sedikit bau ketika dinyalakan pas awal. Disini saya tidak tahu, apakah AC sudah dibersihkan yang jelas untuk lantai debunya masih banyak kalau kata orang jerman mah “ngeres”, WC masih ada kerak kuning dan dilantai terdapat bekas minyak. Karena merasa masih bisa diurus sendiri maka saya tidak komplain untuk hal tersebut.

Kedua, hal yang membuat saya kecewa adalah saya dijanjikan untuk pembayaran air dan listrik di bulan pertama adalah tanggung jawab penyewa sebelumnya. Karena bulan pertama saya masuk, tagihan listrik dan air keluar bulan depan. Akan tetapi dari pihak agen, tidak membayarkan tagihannya secara tepat waktu. Bahkan, unit saya sudah dimatikan oleh pihak apartemen dan saya didatangi oleh enginering apartement sekitar tanggal 19, bahwa apabila hari itu tidak membayar maka listrik dan air ke unit akan benar-benar di putus. By the way, saya masuk tanggal 1 Desember, sebenarnya dari tanggal 1 sudah bisa di bayar listrik dan airnya dan terakhir adalah tanggal 15.

Baca Juga: Properti Gratis Disini Ada!

Untuk pelayanannya juga sedikit lama, dalam menghubungi pihak agen terkait pemutusan listrik dan air tersebut. Sekitar jam 10 kita lapor dan hampir 2 jam baru selesai dikerjakan dan listrik & air nyala kembali.

Ketiga, yang saya kecewakan adalah transparansi terkait uang deposit. Setelah saya selesai menyewa apartemen edan menanyakan terkait uang deposit marketing, dia bilang nanti uang deposit akan dipotong untuk kebersihan, cuci AC dan pembayaran uang listrik dan air yang saya pakai. Hal ini sama seperti ketika saya masuk, dijanjikan untuk unit dibersihkan dan AC di cuci.

Akan tetapi saya kaget ketika beberapa hari kemudian saya dihubungi kembali oleh marketing, bahwa saya dibebankan biaya perbaikan unit (karena terdapat banyak bolong di dinding karena paku dan retak) serta dibebankan biaya pengecatan unit karena ada beberapa sudut yang kotor. Saya merasa tertipu dan kecewa disini karena diawal tidak ada perjanjian untuk uang deposit digunakan perbaikan dan cat unit.

Padahal banyak bekas paku, retak dan noda di dinding sebelum saya masuk sudah ada. Saya juga hanya paku, 2 biji untuk pasang gorden hanya di kamar utama. Ketika, saya konfirmasi ke agen properti dia malah menyalahkan saya dengan mengatakan,

“Ini sudah sesuai prosedur semua yang menyewa dibebankan untuk perbaikan unit. Kami sudah mengecek setiap unit, dimana apabila ada klien baru maka sudah dipastikan semua bersih dan dalam keadaan baik. Dan kenapa bapak tidak komplain diawal malah diakhir, kan jadi kami yang sulit.”

Agen Property via Whatsapp

Saya, merasa tertipu karena pas saya masuk tidak ada dijanjikan untuk ada perbaikan dan saya masuk sudah banyak lubang bekas paku, retak dan dinding kotor. Tidak ada pembicaraan sebelumnya terkait adanya biaya perbaikan dan cat, apabila ada saya juga bisa menyicil memperbaiki hal tersebut sendiri selama saya menyewa apartemen dan tidak akan menancapkan sama sekali paku. Dan saya merasa kesal karena tidak sesuai yang agen bicarakan, “kami sudah mengecek setiap unit, dimana apabila ada klien baru maka sudah dipastikan semua bersih dan dalam keadaan baik.”, bukannya meminta maaf malah blame penyewa. Apabila memang sudah sesuai prosedur seharusnya tertulis di dalam perjanjian sewa.

Setelah berdebat beberapa waktu akhirnya agen mengakui dan meminta maaf adanya kekurangan informasi yang disampaikan diawal sebelum saya masuk unit.

Review Terkait Agen Top House

Setelah saya mengalami tertipu agen, terkait uang deposit. Maka saya mencari tahu tentang agen top house bassura city. Dan ternyata memang agen ini sedikit jelek terkait reviewnya yang ada di google maps. Untuk yang memberi bintang satu kejadiannya sama seperti saya ketika masuk unit masih kotor dan ac seperti tidak dicuci. Ada juga terkait uang, dimana tiba-tiba banyak biaya tambahan yang dibebankan kepada penyewa atau pun pembeli properti. Review bintang 4 sampai 5 saya rasa itu merupakan marketing atau karyawan dari agen property tersebut.

Saran Saya Jika Ingin Menggunakan Agen

Bagi kamu yang ingin menyewa atau membeli property melalui agen ada beberapa saran yang bisa saya sampaikan,

  • Pastikan semua biaya-biaya yang dibebankan kepada penyewa atau pembeli ada diperjanjian sewa atau jual belu. Biaya seperti maintenance, perbaikan unit, uang kebersihan dan perbaikan alat elektronik yang sudah terpasang. Jangan sampai waktu kamu keluar atau sudah DP untuk membeli unit, kaget dengan banyaknya biaya yang dibebankan ke kamu.
  • Lebih baik untuk melakukan perjanjian sewa/ beli di atas materai. Dan pastikan juga dalam perjanjiannya dituliskan terkait hak dan tanggung jawab yang dibebankan kepada penyewa maupun kepada agen properti. Ketika ada yang melanggar hal tersebut kamu dapat menuntut agen properti.
  • Apabila property yang kamu sewa terdapat dinding yang banyak lubang (bekas paku atau retak), lantai dan dinding kotor dan wc kotor lebih baik jangan masuk langsung pada unit tersebut. Minta tanggung jawab ke agen untuk memperbaiki dan membersihkan hal tersebut. Kecuali dalam perjanjian sewa terdapat hal yang mengatur tersebut. Jangan sampai nanti kamu dibebankan di akhir, padahal bukan kamu yang melakukan.

Diatas merupakan pengalaman saya, disini saya tidak ada niat untuk menjatuhkan nama baik agen property tersebut karena mereka juga sudah meminta maaf. Saya share agar semua orang yang ingin membeli atau menyewa property lebih memperhatikan kejelasan perjanjian sewa atau beli dengan agen siapa pun. Untuk agen diatas semoga dapat memperbaiki prosedur dan perjanjian sewanya, apabila prosedur memang berulang seharusnya sudah tertulis diperjanjian sewa.

Apabila ada yang keberatan dengan artikel ini, dapat email ke alamat athif.luminesia@gmail.com.

Leave a Reply

Scroll to top