Crowde Perusahaan P2P Penipu?

Dalam pencarian google ketika anda mencari mengenai crowde akan terdapat beberapa forum dan artikel yang membahas terkait perusahaan crowde adalah penipu.

Beberapa hari ini saya cek aplikasi crowde dan tidak bisa login ke dalam aplikasi nya. Setelah itu saya mendapatkan email dari crowde mengenai adanya keterlambatan dalam pengembalian dana dan akan di bantu oleh Debt Collector. Apakah crowde merupakan perusahaan penipu? Ini adalah pendapat saya mengenai hal tersebut.

Apa itu Crowde?

Logo Crowde
Logo Crowde

Crowde merupakan salah satu peer to peer landing di bidang pertanian dan crowde merupakan mediator dari hal tersebut. Ada berbagai macam pilihan investasi disini dengan hasil bunga, bagi hasil dan Syariah.

Apakah Crowde menipu?

Kalau menurut pendapat saya crowde bukan menipu akan tetapi salah dalam manajemen dan oprasionalnya. Karena sulit dibayangkan bagaimana beberapa orang pemuda memiliki mimpi untuk membantu petani. Perusahaan ini juga sudah terdaftar di OJK dan tidak termasuk kedalam investasi bodong dan website perusahaan juga masih bisa di akses.

Dengan beberapa alasan di atas saya menyimpulkan bahwa crowde ini tidak bermaksud untuk menipu. Sangat wajar apabila dalam prakteknya akan ada beberapa petani yang mengalami kegagalan dalam panen yang menyebabkan investasi gagal dan dana tidak bisa dikembalikan ke penanam modal.

Dalam hal gagal panen sebenarnya crowde selalu memberitahukan melalui emai, bahwa petani sedang mengalami kegagalan dan mencoba menanam tanaman lain. Akan tetapi memang dalam pemberitahuannya selalu terlambat. Beberapa proyek yang saya ikuti, apabila terjadi keterlambatan baru di email hampir satu bulan kemudian.

Sebenarnya crowde sudah memberitahu bahwa dalam investasi pertanian ini untuk keuntungannya besar akan tetapi risikonya juga besar. Apalagi dengan iklim yang sekarang ini, saat musim kemarau hujan atau sebaliknya maka risikonya juga semakin besar. 

Tips Investasi di Perusahaan P2P Crowde

Ada beberapa tips untuk berinvestasi di Crowde, antaralain:

  • Investasi dalam bidang pertanian itu resikonya tinggi akan tetapi dalam kembalinya modal dan imbal hasil juga besar
  • Adanya kemungkinan gagal panen sangat besar disebabkan beberapa faktor seperti cuaca, hama dan lain lain
  • Sebar resiko dengan cara tidak menanamkan modal hanya pada satu petani
  • Perhatikan kondisi cuaca sebelum menentukan dalam bidang apa kamu mau berinvestasi

Crowde juga memberikan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berinvestasi di crowde, seperti:

  • Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.
  • Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.
  • Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola, dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna.
  • Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.
Baca Juga: hukum penggunaan Kartu Kredit Bunga 0%
  • Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.
  • Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.
  • Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.
  • Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.

Kekurangan Crowde

Beberapa hal kekurangan yang menurut saya harus segera diperbaiki oleh crowde seperti:

  1. Pemberitahuan terkait keterlambatan sangat lama
    Keterlambatan dalam pengembalian investasi dari pihak crowde sebenarnya sudah bagus, karena ada pemberitahuan terkait hal tersebut. Akan tetapi pemberitahuannya selalu lambat, biasanya lebih dari satu minggu.
  2. Tidak update secara berkala perkembangan investasi
    Untuk perkembangan proyek investasi crowde tidak memberikan update terkait investasi.
  3. Tidak ada foto proses dan hasil panen para petani

Kesimpulan saya crowde bukanlah perusahaan penipu karena dalam website nya sendiri sudah memberitahukan apa saja yang harus diperhatikan terkait ivestasi. Memang ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti telah disampaikan pada artikel diatas.

Nah sekian artikel kali ini. Sebelum investasi sebaiknya kamu melihat terlebih dahulu term & condition dan kebijakan dari perusahaan. Menurut kamu Investasi paling aman apa? Tulis di komentar yaah. Jangan lupa like fans page luminesia disini! See Yaa.

2 thoughts on “Crowde Perusahaan P2P Penipu?

  1. Saya salah satu konsumen Crowde. Bagaimana bisa uang saya tidak dikembalikan lebih dari 1 tahun dan tidak menerima sepeserpun uang saya… tapi di sistem tertulis proyek berhasil dan sdh ada keuntungan??? Menurut saya ini penipuan, ditambah tidak adanya bukti administrasi/transfer ke “dompet ” akun saya.

    1. Disini hanya opini saya dan berdasarkan pengalaman saya. Saya sendiri untuk yang sudah berjalan dan berhasil pasti masuk ke rekening (dompet), tapi memang ada yang gak dapat untung atau berkurang ada juga yang sampai minus. Untuk keterlambatan sendiri, proyek yang mandeg di email bahwa akan ada penagihan hutang.

Leave a Reply

Scroll to top