Commero Komunitas Penipuan Berskema Ponzi: Evolusi Real Sultan dan Auto Gajian

Komunitas Commero merupakan perubahan dari komunitas Real Sultan dan Auto Gajian. Real Sultan sendiri merupakan komunitas berbagi yang menjanjikan imbal balik yang besar. Pada saat Real Sultan anggota yang berbagi sebanyak 1,5 juta akan mendapatkan 150 juta. Commero sama komunitas seperti komunitas Real Sultan sebelumnya akan tetapi hanya mendapatkan 30 juta.

Sekilas Tentang Commero

Commero (commero.net) adalah komunitas yang dibentuk setelah Real Sultan Oprasionalnya dihentikan oleh OJK dan Kominfo. Komunitas commero digadang-gadang oleh foundernya tidak akan mengalami hal yang sama seperti Real Sultan dan Auto Gajian yaitu diblokir oleh Kominfo. Dalam website commero hanya sedikit yang bisa kita dapatkan informasinya. Karena dalam satu page hanya ada tulisan tanya ke leader masing-masing.

Commero ini sedikit berbeda dari Real Sultan sebelumnya, karena hanya sedikit sekali informasi yang bisa didapatkan. Karena kemungkinan ini agar tidak ada lagi pemblokiran website kembali. Akan tetapi untuk sistem dan kerjanya sama saja dengan yang dilakukan oleh Real Sultan. Yang membedakan antara Real Sultan dan Commero antara lain hanyalah nominal yang didapatkan member yaitu Real Sultan 150 juta dan Commero 30 juta.

Sekilas Tentang Real Sultan

Real Sultan merupakan komunitas yang dibentuk untuk berbagi antar anggota komunitasnya. Pada dasarnya setiap member memberikan donasi kepada member lain sebanyak 1,5 juta. Yang memberi maka akan mendapatkan imbal balik sebanyak 150 juta. Pada awalnya komunitas ini bernama Auto Gajian namun operasi dan websitenya dihentikan oleh OJK dan Kominfo.

Real Sultan Komunitas Commero

Komunitas ini masuk ke dalam daftar investasi ilegal pada bulan September 2020. Maka semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Real Sultan merupakan tindakan ilegal. Dan websitenya Real Sultan pun di blokir oleh Kominfo. Setelah itu owner Real Sultan pun berganti dan mengganti namanya menjadi Commero.

Baca Juga: Kupas Tuntas Auto Gajian atau Real Sultan

Mengapa Real Sultan Merupakan Investasi Ilegal?

Walau pun dengan ditutupi dengan pengelabuan berbagi (sedekah). Karena yang dilakukan Real Sultan yang sebenarnya merupakan sebuah kegiatan investasi ilegal. Dalam prakteknya terdapat penyerahan uang, jangka waktu dan keuntungan yang dijanjikan. Uanng yang diserahkan adalah sebanyak 1,5juta dimana itu terbagi menjadi beberapa bagian. Transfernya adalah untuk biaya tiket masuk dan ke member lainnya. Keuntungan yang dijanjikan oleh Real Sultan adalah 150 juta untuk jangka waktu 7 sampai 9 bulan.

Fakta-Fakta Terkait Commero

Awalnya Real Sultan Akan Merubah Nama Go For Vita

Pada sosial media MAP (Masyarakat Anti Ponzi), setelah penghentian Komunitas Real Sultan terdapat beberapa pengumuman. Seperti akan merubah nama kembali menjadi Go For Vita, apabila alasan management sih karena akan masuk Go Internasional. Karena terlanjur ramai dan mungkin ketakutan ketahuan oleh Kominfo dan OJK maka diganti lah menjadi Commero.

MAP sendiri merupakan grup komunitas di Facebook yang menentang segala jenis bentuk investasi ilegal seperti skema ponzi dan lain-lain. Disana terdapat berbagai macam update terkait perkembangan investasi ilegal dan edukasi terkait hal tersebut.

Setelah berubah nama menjadi Commero tidak banyak promosi yang dilakukan di media sosial karena agar tidak kembali di hentikan oleh OJK dan Kominfo. Maka untuk yang ditawari ajakan online atau offline terkait Commero langsung saja tolak. Karena cepat atau lambat pasti akan dihentikan kembali oleh OJK dan Kominfo.

Owner Komunitas Berubah

Pada awalnya saat bernama Auto Gajian komunitas ini mengaku tidak ada owner atau pemiliknya. Akan tetapi ketika sudah berubah menjadi Real Sultan ownernya pun muncul yaitu Gus Nur. Lalu member pun membela karena Auto Gajian di hentikan oleh OJK dan Kominfo dengan mengatakan bahwa munculnya owner ini untuk pasang badan apabila terjadi scam. Akan tetapi hal ini sudah sering sebenarnya terjadi pada Skema Ponzi yang akan mati yaitu munculnya owner dengan berani pasang badan seperti terjadi pada Ormas HIPO. Untuk saat ini Commero ownernya sudah berubah kembali. Bukan lagi Gus Nur tetapi bernama Toto Noi.

Sebenarnya jurus pasang badan ini sering dilakukan oleh bisnis-bisnis penipuan dan paling sering berskema ponzi. Biasanya owner atau founder muncul ketika organisasi, perusahaan atau komunitasnya telah dicurigai oleh lembaga resmi seperti OJK dan Kominfo. Dan pada akhirnya tidak lama kemudian mengalami scam.

Tidak Terlalu Promosi di Sosial Media

Dikarenakan sudah dua kali terkena pelarangan dari OJK dan Kominfo. Maka untuk komunitas Commero ini tidak terlalu bergrilya di media sosial. Maka masyarakat yang sudah membaca artikel ini, diharapkan lebih berhati-hati dalam menyikapi apabila ada yang menawarkan bergabung dengan komunitas Commero.

Hukum Mengikuti Commero

Hukum mengikuti Commero ini sama dengan Real Sultan yaitu haram. Hal ini dikarenakan tidak ada perbedaan praktik antara Commero dan Real Sultan. Terkait fatwa mengikuti Real Sultan sendiri pernah dikeluarkan oleh PCNU Tulung Agung yang menyatakan haram. Ada pun haramnya mengikuti Real Sultan ada beberapa masalahnya, antaralain:

  • Kegiatan Real Sultan sudah dinyatakan ilegal oleh SWI lembaga dibawah OJK. Yang menyatakan bahwa Real Sultan merupakan Investasi Ilegal.
  • Dalam kegiatannya Real Sultan ada kemungkinan untuk merugikan orang lain. Dimana tanpa ada pemasukan dan hanya mengandalkan perputaran uang member. Dapat dipastikan member terakhir tidak akan mendapatkan apa-apa. Dan walau pun dalam kegiatannya mereka mengatakan berbagi, tetapi praktiknya adalah menginginkan imbalan yang lebih besar.

Selengkapnya sudah dirangkum pada artikel ini: Hukum Mengikuti Real Sultan

Darimana Manajemen Mendapatkan Keuntungan

Keuntungan manajemen Real Sultan sangat banyak, antaralain:

  1. Biaya Pendaftaran Tiket; Pada praktik Real Sultan dulu, dari uang 1,5 juta yang disetorkan member terbagi menjadi beberapa porsi. Diantaranya 800 ribu untuk member lain, 500 ribu untuk promotor dan 200 ribu untuk tiket. Tiket ini saya tidak tahu dibayarkan untuk apa, yang jelas antara untuk pendaftaran dan/atau untuk naik level. Bisa dibayangkan uang yang terkumpul dari 80 ribu anggota (klaim Real Sultan), owner sudah bisa jalan-jalan santai ke luar negeri.
  2. Biaya Landing Page; Real Sultan juga mewajibkan kepada membernya untuk membayar 100 ribu untuk 3 bulan, yang katanya untuk dibayarkan landing page.
  3. Akun Palsu Manajemen; Member mungkin tidak sadar bahwa ada celah yang besar yaitu bisa saja manajemen memalsukan daftar untuk transferan member. Ada kemungkinan owner membuat akun palsu menggunakan nama keluarganya dan menggunakan rekeningnya untuk ditransfer member. Walau pun manajemen bilang bahwa transferan adalah sistem, tetapi sistem itu diciptakan oleh manusia dan banyak celah yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan adanya transfer antar member.

Apakah Umur Komunitas Commero Panjang

Umur Commero sudah pasti tidak akan panjang. Karena Commero merupakan Skema Ponzi, dimana kegiatan atau praktiknya hanya memutar uang member lama dan baru. Skema Ponzi akan runtuh karena tidak dilatar belakangi oleh pemasukan yang real. Maka ketika tidak ada member baru (Jenuh) yang masuk ke dalam Commero maka sudah dipastikan umurnya tidak panjang.

Salah satu indikasinya adalah dipangkasnya nominal yang didapatkan oleh member Commero. Diawal (masa Real Sultan dan Auto Gajian) mereka bilang bahwa member yang bergabung akan mendapatkan uang sebanyak 150 juta. Tetapi ketika sudah berganti menjadi Commero maka yang didapatkan member hanya 30 juta. Ini menunjukan beban pembayaran yang sudah tidak bisa ditanggung oleh sistem, karena pertumbuhan member pun tidak lancar.

Monkey Business pada Komunitas Commero Tanda Akan Bubar

Pada sistem baru Commero terdapat sistem baru yaitu reward poin. Ini menunjukan bahwa Commero sedang menjalankan skema monkey business, dimana ini biasanya penghabisan sebelum manajemen membawa kabur uang member. Reward poin yang ditawarkan adalah bukti bahwa pertumbuhan member baru Commero sudah tidak bisa menutupi beban yang ditanggung oleh komunitas. Selain itu waktu yang dibutuhkan member mendapatkan uang yang dijanjikan semakin lama.

Baca Juga: Hati-hati Terjebak Investasi Ilegal Monkey Business

Tindakan Hukum Member Yang Terlanjur Bergabung Commero

Akan susah untuk menangkap owner atau founder yang membuat Real Sultan atau Commero ini, dikarenakan:

  1. Belum ada hukum di Indonesia yang mengatur tentang Hukuman Bagi Pegiat Skema Ponzi
  2. Adanya transferan antar member sulit untuk melacaknya
  3. Terdapat surat pernyataan yang sudah ditandatangani oleh member yang akan bergabung Real Sultan.

Saran saya adalah jangan kejar owner atau foundernya, tetapi kejar leader yang ada diatas anda. Jangan gunakan pasal penipuan atau penggelapan, karena sudah pasti susah untuk memutuskan siapa yang bersalah karena ada transfer antar member. Coba saja tuntut leader anda dengan pasal UU ITE tentang penyebaran informasi bohong yang menyebabkan anda terjebak didalam Real Sultan atau Commero. Nantinya biarkan para leader yang mengejar manajemen Real Sultan atau Commero.

Leave a Reply

Scroll to top