Kartu ATM adalah salah satu yang paling sering hilang di dunia ini seperti kunci kendaraan, itulah yang saya rasakan. Hampir tiap tahun ada saja kartu ATM yang hilang dari Bank Plat Merah sampai Swasta (dalam hal ini saya menggunakan BCA). Terkadang malas untuk mengurus kartu ATM yang hilang karena banyak yang diperlukan, seperti untuk Bank BUMN harus ada Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian. Yang terbaru saking magernya hampir 8 bulan Kartu ATM tidak diurus dan keuangan hanya mengandalkan mBanking serta ATM isteri. Namun terkadang dalam beberapa kesempatan kita memerlukan nomor kartu ATM seperti untuk mendaftar Paypal. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengetahui nomor kartu ATM BCA yang hilang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor Kartu ATM BCA yang hilang dengan catatan handphone terhubung dengan mBanking atau mempunyai layanan Klik BCA, diantaranya:

Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA Melalui M-Banking

Nomor Kartu ATM BCA

Melalui mBanking untuk mengetahui nomornya kamu bisa melakukannya dengan dua cara, untuk cara pertama antaralain:

  • Buka mBanking BCA
  • Masukan kode akses
  • Masuk kehalaman Akun Saya
  • Didalamnya akan terlihat gambar seperti kartu ATM yang didalamnya lengkap tabungan apa yang kita ikuti, nomor ATM dan nama nasabah.

Cara kedua, antaralain:

  • Pertama buka mBanking BCA dan masukan kode akses
  • Pilih Menu Admin
  • Disana akan terdapat banyak pilihan, tetapi kamu harus memilih “Blokir Kartu ATM”
  • Nanti akan menampilkan nomor kartu dan jenis tabungannya
  • Tinggal kamu catat atau screenshoot nomornya.

Baca juga: Tata Cara Blokir Rekening Penipu Penjual Online

Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA Melalui Klik BCA

Hampir sama dengan proses di mBanking, prosesnya antaralain:

  • Gunakan Google Chrome atau browser lainnya yang ada di handphone. Rekomendasi mengguanakan tampilan desktop supaya lebih menyenangkan mata
  • Pilih login menggunakan akun individual (pada situs ibank.klikbca.com)
  • Klik menu administrasi
  • Setelahnya pilih “Blokir Kartu ATM” dan akan diminta untuk memasukan tempat tanggal lahir. Klik lanjut.
  • Kemudian akan muncul Nomor Kartu ATM yang kamu miliki. Apabila kamu berencara untuk memblokir maka klik kirim, tapi apabila hanya ingin mengetahui nomor kartu maka klik batal.

Catatan: cara diatas harus dilakukan oleh nasabah yang telah terdaftar di mBanking atau Klik BCA, jadi jangan lupa pada saat membuka rekening untuk mendaftar salah satu layanan diatas.

Mengurus ATM BCA yang Hilang

Untuk kehilangan Kartu ATM BCA tidak memerlukan surat kehilangan kepolisian, akan tetapi hal terpenting adalah KTP mu harus masih berlaku dan tidak rusak serta buku tabungan. Biasanya untuk pengurusan ATM yang hilang dibantu dengan mesin Customer Service yang telah ada di kantor BCA, nantinya akan dibantu oleh petugas yang ada dilapangan.

Dan untuk KTP yang rusak, biasanya pergi ke Customer Service untuk dicek kebenaran data dirinya. Apabila KTPnya rusak dibagian tanda tangan, maka harus mempunyai surat keterangan dari Kelurahan. Surat keterangannya berupa surat pengantar pembuatan KTP Baru. Pastikan kamu mengingat tanggal terakhir kamu melakukan transaksi apabila tidak mengingatnya karena sudah lama. Kamu bisa mentransfer beberapa uang ke rekening yang kartu ATMnya hilang, tentunya dengan nama berbeda.

Nantinya kamu akan disuruh untuk mengisi beberapa formulir dan membubuhkan beberapa tanda tangan. Hanya butuh beberapa menit dan ATM baru pun sudah siap digunakan. Biasanya untuk ATM di BCA apabila menggunakan tabungan xpresi biasanya akan diminta untuk memilih desain kartu ATM yang tersedia.

Jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat. Terimakasih.