Cara Membuat Surat Keterangan Domisili (SKD) Perorangan

Surat keterangan domisili atau dikenal dengan SKD merupakan surat yang biasanya dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, membuat surat izin mengemudi dan kartu tanda penduduk. Di artikel ini akan membahas cara membuat surat keterangan domisili.

Apa itu Surat Keterangan Domisili?

Surat keterangan domisili adalah surat yang menunjukan status dimana seseorang tinggal di wilayah atau daerah tertentu, ini dikeluarkan oleh pihak berweanang seperti RT dan Kelurahan. Peruntukan dari surat ini adalah untuk orang yang sudah pindah alamat rumah yang berbeda dengan alamat KTP yang dimiliki. Dalam melamar pekerjaan beberapa perusahaan biasanya meminta Surat Keterangan Domisili untuk persyaratan penerimaan pegawainya. Ada beberapa Surat Keterangan Domisili, ada yang dikeluarkan oleh RT dan ada pula yang dikeluarkan oleh Kelurahan.

Dalam pembuatan Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh RT, kamu hanya perlu datang ke ketua RT yang ada di wilayahmu. Nantinya kamu akan diberikan Surat Keterangan Domisili yang berisi nama, NIK, nomor handphone, pekerjaan dan status yang menerangkan dimana kamu tinggal. Kemudian kamu hanya perlu meminta tanda tangan ke pak RW. Dan surat keterangan domisili pun bisa kamu gunakan.

Fungsi dari SKD

Fungsi dari Surat Keterangan Domisili ini sangat banyak antara lain,

  • Kamu bisa mendapatkan bantuan sosial atau bantuan dari pemerintah baik pusat maupun daerah.
  • Dapat menjadi pengganti KTP untuk sementara sebelum kita mengganti wilayah tempat tinggal kita yang terbaru.
  • Surat ini juga digunakan oleh pemerintah dalam membantu pemetaan persebaran penduduk
  • Bisa digunakan juga untuk membuat Surat Izin Mengemudi
  • Dan terakhir membantu pada saat pemilu untuk dimudahkan dalam mendaftar

Baca Juga: Cara Membuat Surat Keterangan Pindah Domisili

Membuat SKD Kelurahan Bandar Lampung

Saya pernah membuat Surat Keterangan Domisili di Kota Bandar Lampung, untuk mengurus perpindahan isteri untuk dibikinkan Kartu Keluarga.

  • Pertama, kamu harus memiliki surat pengantar dari Ketua RT, karena saya tinggal diwilayah yang tidak ada RW nya maka saya tidak perlu meminta tandatangan RW.
  • Kedua, kamu bawa surat pengantar tadi ke kantor kelurahan dimana tempat kamu tinggal.
  • Ketiga, jangan lupa bawa juga Surat Pengantar RT/RW fotokopi bukti bayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) terbaru, Fotokopi KTP dan KTP asli.

Membuat SKD DKI Jakarta

Untuk persyaratan umum membuat surat keterangan Domisili di DKI Jakarta adalah Surat pengantar RT RW, Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga. Ada pun tambahan bagi pemohon yang bekependudukan diluar daerah DKI Jakarta maka harus melampikan SKDS atau Surat Keterangan Domisili Sementara dari Kecamatan, Fotocopy KTP Penjamin dan Surat Pernyataan ditandatangani diatas materai oleh penjamin (KTP harus sesuai dengan permohonan SKD).

Bagi pemohon yang berkependudukan DKI Jakarta akan tetapi berbeda kelurahan maka harus melampirkan Fotocopy KTP Penjamin dan Surat Penyataan ditandatangani oleh penjamin (KTP harus sesuai dengan permohonan SKD).

Biaya Pembuatan Surat Keterangan Domisili

Untuk pembuatan SKD sendiri sebenarnya gratis, saya pun tidak membayar sedikit pun ketika saya mengurusnya di Kelurahan. Akan tetapi saya memberi secara sukarela kepada pengurus RT atau RW setempat.

Sekian artikel kali ini apabila ada yang ingin ditanyakan boleh di komentar dikolom komen ya. Jangan lupa subcribe dan likes fanspage Luminesia.

Leave a Reply

Scroll to top