Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) adalah surat yang menjelaskan bahwa yang melakukan tes narkoba tidak memakai jenis narkoba apa pun. Biasanya surat ini diperuntukan untuk melamar pekerjaan dan mendaftar CPNS. Tes narkoba dapat dilakukan di beberapa tempat seperti Klinik Kesehatan, Polres, Kantor BNN dan Rumah Sakit. Disini luminesia akan membahas bagaimana cara membuat (SKBN) Surat Keterangan Bebas Narkoba.

Cara Membuat SKBN

Mengenai Surat Keterangan Bebas Narkoba

Untuk surat keterangan bebas narkoba hanya bisa didapatkan pada instansi pemerintah yang ditunjuk seperti BNN, Polres dan Rumah Sakit Umum. Sedangkan untuk Rumah Sakit dan Klinik Swasta hanya bisa mengeluarakan surat hasil lab positif atau negatif menggunakan narkoba.

SKBN biasanya dibutuhkan oleh pelamar CPNS, sedangkan untuk melamar pekerjaan swasta hasil lab dari Klinik atau Rumah Sakit Swasta mencukupi. Akan tetapi ada baiknya bertanya kepada perekrut apakah cukup dengan hasil lab atau harus dengan SKBN.

Membuat SKBN di Rumah Sakit Umum

Untuk membuat SKBN di Rumah Sakit Umum Daerah, luminesia sarankan untuk mendatangi RSUD yang tidak menjadi rujukan pasien BPJS Kesehatan. Karena biasanya menunggu antriannya sangat lama. Apabila kamu berdomisili di Jakarta Timur lebih baik kamu mendatangi RSUD Matraman.

Alamat dari RSUD Matraman berada di Jalan Kebon Kelapa Raya No.29, RT.1/RW.10, Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur.

Biaya yang diperlukan untuk tes narkoba ini berbeda-beda tergantung dengan kebijakan Rumah Sakit Umum. Untuk di RSUD Matraman sendiri biayanya adalah dua ratus tiga puluh ribu rupiah sudah dengan medical check up.

Apabila kamu membutuhkan secepatnya ada baiknya kamu segera mengurusnya pada pagi hari. Karena berdasarkan dari pengalaman apabila lebih dari jam dua belas maka SKBN bisa dibawa keesokan harinya.

Membuat SKBN di POLRES (Kota atau Kabupaten)

Untuk di Jakarta saat ini Polres Kota tidak menyediakan pembuatan SKBN. Apabila kamu ke polres maka akan di sarankan untuk ke BNN atau Rumah Sakit Umum.

Kamu bisa meminta SKBN di Rumah Sakit POLRI Keramat Jati, untuk biaya nya sekitar Rp. 370.000 termasuk medical check up (Tahun 2018, source: nikensroom.blogspot.com).

Tapi author luminesia juga punya pengalaman dua atau tiga tahun membuat SKBN di Polres Kabupaten Ciamis.
Membuat SKBN di Polres Ciamis dapat dilakukan di Klinik Polres Ciamis.

Untuk alamatnya berbeda dengan kantor Polres Ciamis, alamatnya ada di Jl. Jendral Sudirman no. 271.

Biaya yang diperlukan untuk membuat SKBN di Polres Ciamis ini sekitar Rp. 150.000 atau Rp. 250.000 (lupa lagi) sekitar segitu. Prosesnya nanti kita akan disuruh untuk kencing dan menunggu hasil tesnya sekitar satu jam.

Baca Juga: Cara Membuat Curriculum Vitae yang Baik dan Menarik

Cara Membuat SKBN di BNN

Kamu yang berdomisili di Jakarta, kamu bisa mendatangi BNN di kota administrasi masing-masing. Untuk kantor pusat BNN yang di Cawang tidak melayani pengeluaran Surat Keterangan Bebas Narkoba.

Alamat dari kantor BNN Jakarta adalah satu komplek dengan Kantor Wali Kota. Salah satunya Kantor BNN Jakarta Timur berada di dalam Komplek Perkantoran Walikota Jakarta Timur.

Beberapa waktu yang lalu saya pergi ke BNN Jakarta Timur. Disana saya bertanya di Informasi, bahwa untuk melakukan test maka anda harus:

  1. Membeli alat test narkoba di Koperasi Walikota Jakarta Timur. Untuk alatnya sendiri harganya seratus sampai dua ratus ribuan.
  2. Membawanya ke kantor BNN dan melakukan tes disana. (Biaya Tesnya Gratis)
  3. Kurang lebih menunggu satu jam untuk hasilnya. Sayang kemarin koperasi Walikota Jakarta Timur tutup, karena kabarnya rumah penjaga koperasinya kebanjiran. Jadi saya belum tahu juga harga pasti mengenai alat tes narkoba tersebut.

Tes Narkoba di Rumah Sakit Swasta

Beberapa Rumah Sakit di Jakarta, menyediakan jasa untuk melakukan tes narkoba. Apabila dilihat dari aplikasi Alodokter rata-rata biaya yang perlu dikeluarkan adalah empat ratus ribuan.

Tes Narkoba di Klinik Swasta

Tidak semua klinik memiliki laboratorium yang mendukung untuk melakukan tes narkoba. Di daerah Jakarta Timur klinik yang melayani tes narkoba adalah Klinik Kimia Farma Duren Sawit.

Biaya untuk tesnya sendiri adalah Rp. 145.000/ item yang akan diperiksa. Untuk penerimaan spesimen terakhir adalah jam tujuh malam.

Membuat Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Beberapa perusahaan hanya meminta membuat surat pernyataan bebas narkoba, jadi kamu tidak perlu membuat surat keterangan bebas narkoba. Untuk suratnya contohnya seperti dibawah ini:

Surat Pernyataan Bebas Dari Penyalahgunaan Narkoba
Narkoba, Psikotropika, dan Zat-Zat Adikif Lainnya

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Athif Amiruddin Muhtadi
NIK: 3207082002950002
Tempat/ Tanggal Lahir: Bandung/ 20 Februari 1995
Alamat: Jatinegara, Jakarta Timur

Dengan ini menyatakan bahwa tidak pernah dan tidak akan terlibat dalam penyalahgunaann dan/atau pendistribusian barang yang termasuk NAPZA.

Apabila pernyataan ini dikemudian hari terbukti tidak benar dan/ atau ternyata kemudian hari melanggar pernyataan tersebut. Maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya tanda-tangani dalam keadaan sadar tanpa tekanan dari siapa pun juga.

Jakarta, 25 Februari 2020
Yang Menyatakan

Materai Rp.6000

Athif Amiruddin Muhtadi

Nah itulah artikel mengenai cara membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN). Apakah membantu atau punya pengalaman lain tentang membuat SKBN? Yuk cerita di kolom komen. Makasih sudah baca. See Yaa.

Like Fanspage Luminesia Disini!

Leave a Reply

Scroll to top