Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik

Dalam melamar pekerjaan biasanya minimal diminta dua dokumen yaitu surat lamaran kerja dan curriculum vitae. Nah disini luminesia akan menjelaskan bagaimana cara membuat curriculum vitae yang menarik perekrut perusahaan.

Tips ini akan saya tulis dari pengalaman melamar kerja, dengan hanya satu CV. Untuk hasilnya sendiri saya pernah di panggilan interview dari Shopee, MOKA POS, Pawoon, Dileveree, Gadjian, Pergikuliner dan lain sebagainya.

Apa itu Curriculum Vitae?

Curriculum Vitae (disingkat: CV) atau disebut juga daftar riwayat hidup adalah rangkuman singkat mengenai identitas, pengalaman dan kualifikasi pelamar kerja.

Hal ini menjadi sangat penting karena biasanya cv dapat menggambarkan keseluruhan dari pelamar karena terdapat informasi yang dibutuhkan perekrut.

Hal yang Harus diperhatikan dalam CV

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan CV yaitu:

  • Tidak lebih dari 2 Halaman. Saya membuat CV pribadi hanya dengan satu halaman, akan tetapi masih mendapatkan panggilan interview. Panjang CV belum tentu akan mendapat panggilan akan tetapi memajang informasi penting dan diperlukanlah yang sangat penting.
    Contoh dari infomasi penting adalah alamat, email, nomor telepon, alamat, pendidikan dan pengalaman kerja. Contoh informasi yang diperlukan pengalaman organisasi, event, training/ kursus, hard skill dan soft skill.
  • Ceritakan sedikit tentang profile kamu. Bisa kamu menceritakan tentang aktifitas kamu saat ini, tentang hobi kamu atau pun tentang passion kamu.
  • Ambil pendidikan Formal Tertinggi. Apabila kamu lulusan Sarjana maka mencantumkan S1 saja sudah cukup atau apabila mau ditambah dengan pendidikan SMA. Karena CV ini rangkuman riwayat hidupmu maka tidak perlu memberikan riwayat pendidikan dari SD atau bahkan TK.

Baca Juga: cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

  • Cantumkan Prestasimu. Akan tetapi prestasi yang relevan dengan pekerjaan dan pencapaian kurang dari empat tahun yang lalu.
  • Taruh skill yang relevan. Baik itu Softskill atau pun Hardskill usahakan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Apabila tidak maka cantumkan skill yang umum dibutuhkan oleh hampir semua pekerjaan seperti mengendarai kendaraan bermotor atau pun penguasaan Ms. Office.
  • Untuk pengalaman organisasi atau event. Kamu bisa memasukan hal-hal yang terkait dengan pekerjaan yang dilamar. Akan tetapi apabila kamu belum memiliki pengalaman kerja maka kamu bisa menaruh semuanya.
  • Uraikan Pengalaman kerja. Menguraikan tugas dan tanggungjawab di tempat kerjamu sebelumnya. Apabila kamu memiliki pengalaman kerja dua atau lebih, maka uraikan secara singkat dan ceritakan tanggung jawab utamamu.
  • Apabila memungkinkan kirimkan CV yang berbeda untuk setiap pekerjaan yang kamu lamar. Terkadang perusahaan memiliki kualifikasi berbeda walau pun dengan posisi jabatan yang sama, maka kamu harus memasukan hal yang relevan dengan permintaan perusahaan.
  • Jangan Terlalu memasukan banyak warna dan pengeditan ruwet. Hal ini tidak berlaku untuk kamu yang melar pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas atau industri kreatif. Untuk warna disarankan maksimal 2 warna, pilih warna yang cerah dan enak dipandang.

Nah sekian artikel mengenai cara membuat curriculum vitae, semoga dapat membantu

Cara Membuat Curriculum Vitae

Untuk membuat CV kamu bisa melakukan beberap hal, antaralain:

Pertama, kamu bisa membuat CV bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti word atau aplikasi design.

Kedua, kamu bisa memsan CV di luminesia dan kamu juga akan dibantu juga mentranslate kedalam bahasa inggris loh. Berminat? Kirim Whatsapp 085768166679 atau email ke athif.luminesia@gmail.com. Beberapa contoh curriculum vitae yang pernah dibuat, ada disini!

Follow Me!

Instagram: athif_am | twitter: athif_am | facebook: athif1882

2 thoughts on “Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik

Leave a Reply

Scroll to top