Saat ini di Indonesia terdapat startup yang menyediakan powerbank di berbagai fasilitas umum seperti di Mall, Stasiun Kereta Api, Hotel sampai Cafe. Startup itu tidak lain dan tidak bukan adalah ReCharge. Namun pada tanggal 18 Februari 2021 muncul lah aplikasi SharedMP penghasil uang, yang menawarkan investasi kepada Penyedia Jasa Layanan Power Bank ReCharge. Apakah benar merupakan investasi legit atau merupakan aplikasi investasi bodong? Yuk kita bahas sama-sama.

Sekilas tentang ReCharge

ReCharge adalah Perusahaan sewa Power Bank pertama di Indonesia. Beroperasi sejak Maret 2018, layanan Recharge menawarkan kombinasi mesin seperti ATM yang menyediakan Powerbank dan aplikasi ponsel cerdas dimana Anda menyewa Power Bank dan mengembalikannya ke ReCharge Station.

Sekilas tentang Aplikasi SharedMP Penghasil Uang

Aplikasi SharedMP Penghasil Uang

Aplikasi ShareMP merupakan aplikasi yang menawarkan investasi ke penyedia jasa penyewaan powerbank yaitu Recharge. Developer SharedMP merupakan Teryet yang berbeda dengan developer yang mengembangkan ReCharge, untuk Developer Recharge adalah PT Jalan Terus Saja.

SharedMP diluncurkan pada tanggal 18 bulan februari 2021. Dan saat ini telah memiliki total pendownload sebanyak 10 ribu. Untuk websitenya sendiri berbeda dengan aplikasi Recharge, yaitu sharedmp.com.

Legalitas dari Aplikasi SharedMP Penghasil Uang

Untuk legalitas yang harus dipenuhi oleh aplikasi sharedMP penghasil uang ada 2, yaitu izin dari OJK dan Kominfo.

Izin dari Otoritas Jasa Keuangan

Semua lembaga atau perusahaan yang mengumpulkan dana masyarakat dalam bentuk investasi atau pun lainnya wajib memiliki perizinan dari OJK. Maka dari itu aplikasi sharedmp harus memiliki izin dari OJK.

Izin dari Kominfo

Setiap aplikasi atau website saat ini harus memiliki izin dari kominfo, yaitu izin PSE atau Penyelenggara Sistem Elektronik. Karena SharedMP memiliki aplikasi dan website maka diharuskan mempunyai izin PSE Kominfo.

SharedMP Tidak Memiliki Izin dari OJK dan Kominfo

Hal yang mudah disimpulkan bahwa ShareMP tidak memiliki izin dari OJK dan Kominfo karena untuk developer yang menyediakan aplikasinya saja bukan perusahaan/ lembaga melainkan developer yang tidak dikenal. Alasan lainnya tidak perlu mengecek jauh-jauh terkait izin dan legalitasnya, cukup melihat tampilan playstore dan websitenya saja sudah bisa disimpulkan tidak profesional.

Baca Juga: Aplikasi Compass Penghasil Uang: Legit atau Calon SCAM Lainnya?

Keganjilan Aplikasi SharedMP Penghasil Uang

Tidak Memiliki Hubungan dengan Aplikasi Recharge

Aplikasi SharedMP tidak memiliki hubungan dengan aplikasi sewa powerbank yaitu Recharge. Hal ini dapat kita buktikan dimana pada aplikasi atau website resmi recharge tidak pernah menyinggung masalah investasi atau aplikasi yang bekerja sama dengan mereka. Apabila memang benar Recharge sedang mencari investor untuk usahanya. Maka yang dilakukan adalah menggunakan aplikasi sendiri dan juga website sendiri, tidak memerlukan aplikasi lainnya.

Skema Money Game Dinakan SharedMP

Dilihat marketplan nya, maka aplikasi ini menggukan skema money game. Dimana perputaran uang berasal dari member ke member atau dengan kata lain keuntungan yang di janjikan berasal dari member lain. Hal ini dapat dibuktikan dengan tidak adanya hubungan antara aplikasi ShareMP dengan Recharge. Karena tidak memiliki hubungan, maka yang dijanjikan keuntungan kepada member hanyalah omong kosong.

Money game sendiri tidak akan lama umurnya, hal ini dikarenakan uang bonus atau keuntungan yang dijanjikan berasal dari uang member. Ketika member atau investor baru sudah tidak ada, maka pemberian keuntungan pun akan macet dan SCAM.

Website Tidak Profesional

Apabila melihat dari websitenya sendiri tidak menunjukan bahwa mereka merupakan profesional. Tampilan website hanya seadanya bahkan terlihat sederhana. Sedangkan apabila seseorang menawarkan investasi, maka sudah pasti informasi yang ditampilkan akan sangat detail. Dimana ini dimaksudkan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada investor dalam menyimpan danannya.

Keuntungan yang Ditawarkan Tidak Logis

Dalam penwaran Investasinya ShareMP menawarkan keuntungan investasi yang tidak logis. Ada 4 macam paket yang ditawarkan, antara lain:

  • Powebank (Modal – Rp. 100.000) – Keuntungan Rp. 4.000/hari
  • Mesin Pengisi Daya Kecil (Modal – Rp. 1000.000) – Keuntungan Rp. 50.000/hari
  • Mesin Pengisi Daya Sedang (Modal – Rp. 5.000.000) – Keuntungan Rp. 275.000/hari
  • Mesin Pengisi Daya Besar (Modal – Rp. 10.000.000) – Keuntungan Rp. 600.000/hari

Untuk paket powerbank saja tidak masuk akal, keuntungan yang ditawarkan sebesar 20%/ bulan. Hal ini sangat tidak wajar untuk investasi. Investasi yang menawarkan keuntungan yang tetap tidak logis apabila melibihi BI Rate atau bunga Bank. Bunga Bank sendiri adalah bunga untuk pertahun, bukan bunga perbulan. Jadi apabila BI Rate 6%, maka angka tersebut untuk 1 tahun dan perbulan hanya 0,5%.

Apabila bermain saham atau investasi walau pun yang dijanjikan besar tapi besaran setiap bulannya tidak fix, bahkan bisa mengalami kerugian. Selalu pelajari terlebih dahulu, jenis investasi yang ada. Apalagi yang perusahaannya tidak jelas alamat dan yang lainnya.

Aplikasi SharedMP Penghasil Uang Tidak Bisa Di Akses

Saya baru mengetahui tanggal 21 Maret, aplikasi ShareMP tidak bisa ditemukan di Playstore. Dan pada websitenya menyebutkan sejak tanggal 10 Maret 2021, bahwa sedang ada maintenance dan update yang dilakukan. Hal ini sangat mencurigakan karena untuk aplikasi yang mengalami error atau update biasanya, tidak akan menghilang di playstore.

Menghilangnya aplikasi SharedMP di playstore memiliki 2 kemungkinan, yaitu pertama di unpublish dan kedua di hapus oleh pihak google. Ini juga bisa menjadi indikasi bahwa sebentar lagi aplikasi ini akan SCAM. Sering terjadi dengan aplikasi investasi bodong serupa mengatasnamakan Maintenance dan Update padahal uang investasi digondol.

Kemungkinan SharedMP aplikasinya dihapus oleh pihak google. Karena aplikasi SharedMP telah mendompleng nama Aplikasi ReCharge. Maka dari itu apabila masih bisa mengakses aplikasinya, maka lebih baik untuk mengambil semua modal yang terdapat di aplikasi tersebut. Tidak perlu memikirkan keuntungan, modal yang sama bisa balik pun harus disyukuri.

Kerugian Berinvestasi di Aplikasi SharedMP Penghasil Uang

Data Pengguna Bisa Disalahgunakan

Aplikasi SharedMP tidak memiliki izin dari Kominfo maka tidak ada yang mengawasi bagaimana data konsumen digunakan. Sekelas tokopedia saja, pernah kebobolan data konsumennya diperjual belikan. Apalagi aplikasi yang tidak memiliki izin dan juga tidak memiliki identitas perusahaan yang jelas.

Resiko Aplikasi SCAM Sangat Tinggi

Resiko SCAM sangat tinggi apabila melihat dari detail indentitas perusahaan dan izin perusahaan. Dengan kata lain investasi yang dilakukan di SharedMP bisa digelapkan oleh aplikasi tersebut.

Nah sekian artikel terkait aplikasi SharedMP, aplikasi investasi powerbank ilegal. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini. Terimakasih.
Mesin Pengisi Daya Kecil (Modal – Rp. 100.000) – Keuntungan Rp. 4.000/hari