Kupas Tuntas Aplikasi Batu Vulkanik Nonton Iklan Dibayar

Dimasa pandemi ini banyak sekali muncul aplikasi yang mengklaim menghasilkan uang dari rumah. Begitu pun dengan aplikasi Batu Vulkanik yang menawarkan bayaran untuk anggota yang sudah teregistrasi dan melakukan misi menonton video 5 menit.

Sekilas tentang Aplikasi Batu Vulkanik

Aplikasi Batu Vulkanik
Logo Aplikasi Batu Vulkanik

Batu Vulkanik merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh PT Mkill Indonesia pada bulan Oktober 2020. Batu Vulkanik merupakan aplikasi yang menawarkan bayaran bagi membernya. Bayaran ini hanya untuk member yang sudah terdaftar dan terverifikasi pada aplikasi. Member yang sudah teverifikasi nantinya akan diberikan misi menonton video selama 5 menit dan mendapatkan 0,17 koin api. Koin api sendiri diklaim memiliki nilai sebesar sepuluh ribu rupiah per koin.

Kupas Tuntas PT Mkiil Bill Indonesia

Legalitas PT Mkiil Bill Indonesia (Batu Vulkanik)

Apabila melihat dari perizinan maka PT Mkill merupakan perusahaan ilegal. Karena untuk perusahaan yang mengeluarkan aplikasi semacam itu ada 3 macam yaitu Kominfo, OJK dan Kemenkumham.

PSE Kominfo PT Mkiil Bill Indonesia

Batu Vulkanik tidak memiliki izin PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) Kominfo. Apa itu PSE Kominfo? Yaitu izin yang dikeluarkan oleh Kominfo untuk perusahaan yang mengelakukan kegiatan usaha dengan sistem elektronik baik website maupun aplikasi. Hal ini diperlukan untuk mengawasi kegiatan perusahaan agar tidak merugikan konsumen, seperti dijualnya data pribadi atau penyalahgunaan data pribadi.

Apabila di cek pada website PSE Kominfo (https://pse.kominfo.go.id/pse-terdaftar), maka tidak akan ditemukan Vatu Vulkanik. Dengan kata kunci Batu Vulkanik atau pun PT Mkiil Bill Indonesia tidak dapat ditemukan. Memang berpengaruh besar? Sangat. Kominfo bertugas sebagai pengawas, contoh Tokopedia pernah kecolongan data pelanggannya dijual dan setelah hal tersebut Kominfo segera bertindak.

Izin Investasi dari OJK PT Mkiil Bill Indonesia

Mengapa diperlukan izin dari OJK untuk Batu Vulkanik? Karena walau pun tidak secara langsung menawarkan investasi. Semua proses dan alurnya merupakan kegiatan investasi. Dimana ada uang yang di depositkan, ada waktu untuk pengembalian dan ada keuntungan yang dijanjikan. Walau pun keuntungan yang dijanjikan harus melalui penyelesaian tugas seperti menonton video.

Izin Kemenkumham PT Mkiil Bill Indonesia

Setiap pendirian PT harus melalui kemenkumham dan setiap perusahaan yang sudah terdaftar bisa kita lihat di website kemenkumham terkait hal tersebut. Untuk hal ini kemenkumham menggunakan website (https://ahu.go.id/profil-pt/), disana kamu dapat dengan mudah mencari pt atau perusahaan yang terdaftar di Kemenkumham. Dan apabila tidak bisa dicari berarti kegiatan usahanya adalah ilegal, begitu pun kasus Batu Vulkanik yang tidak bisa ditemukan.

PT Mkiil Bill Indonesia Tidak Bisa Ditemukan di Google

Apabila kita mencari di google perusahaan Mkiil Bill Indonesia tidak bisa ditemukan baik official website dan alamat kantornya. Hal ini berbeda sekali dengan Aplikasi Gojek atau PT Karya Anak Bangsa, bisa dicari dengan kedua kueri tersebut. Sedangkan Batu Vulkanik dan PT Mkill Bill Indonesia tidak bisa ditemukan sama sekali di google, bahkan artikel terkait pun seperti akun linkedin, sosial media dan lainnya.

Beberapa hal yang telah diungkapkan di atas menunjukan bahwa PT Mkiil Bill Indonesia merupakan perusahan bodong atau tidak ada kejelasannya. Baik dari legalitas, alamat kantor bahkan sosial medianya pun tidak ada. Harus berhati-hati dengan perusahaan tersebut jangan sampai menjadi korban “investasi ilegal”.

Kupas Tuntas Aplikasi Batu Vulkanik

Aplikasi Batu Vulkanik adalah aplikasi yang menawarkan bayaran untuk siapa saja yang menonton video pada aplikasinya. Setiap hari selama 30 hari diharuskan untuk menonton video dengan durasi 5 menit. Setiap menyelesaikan misi maka akan diberikan koin sebanyak 0,17 koin api. Koin api sendiri memiliki nilai sebesar 10 ribu rupiah.

Cara Daftar Aplikasi Batu Vulkanik

  • Download aplikasi di Playstore
  • Daftar menggunakan nomor HP yang aktif
  • Masukan kode OTP
  • Isikan Password
  • Kemudian klik registrasi
  • Apabila mempunyai refferal, masukan kode reffnya

Cara Verifikasi Akun Batu Vulkanik

Untuk memverifikasi data kamu diwajibkan untuk memfoto KTP, Foto Diri dan memasukan Nomor Rekening. Untuk menuju menu tersebut kamu bisa melihat di bagian menu saya, kemudian lakukan verifikasi data sesuai yang diminta. Akan tetapi apabila saya menjadi Anda, saya tidak akan melakukan hal tersebut karena merupakan aplikasi atau perusahaan ilegal.

KTP dan foto selfie meruapakan data yang sensitif dan rawan disalahgunakan, apalagi PT Mkill Bill Indonesia ini tidak mempunyai izin dan pendirian perusahaan yang benar. Foto KTP dan nomor HP kamu dapat dijual kepada orang yang tidak bertanggung jawab, seperti marketing yang nakal. Makanya tidak jarang kita banyak menerima sms dari nomor HP yang tidak dikenal. Hal yang lebih parah, kejahatan melalui foto KTP dan Foto diri dapat digunakan untuk PINJOL (Pinjaman Online).

Cara Menjalankan Misi Batu Vulkanik

Untuk menjalankan menonton video, kamu harus membeli paket misi yang sudah disediakan oleh Batu Vulkanik. Misi ini penghasilannya berbeda-beda sesuai dengan level paket yang kamu beli (deposit), untuk rinciannya seperti ini:

Nama PaketBiayaJumlah Koin yang Didapatkan setelah 30 Hari
Anggota 0Gratis5 Koin Api / Rp 0,17 per hari
Anggota 140 Koin Api50 Koin Api / Rp 16.600 per hari
Anggota 2250 Koin Api313 Koin Api / Rp 104.000 per hari
Anggota 31000 Koin Api1250 Koin Api / Rp 416.000 per hari
Paket Misi Batu Vulkanik

Dapat dilihat pada tabel diatas bahwa setiap level memiliki biaya masing-masing dan mempunyai keuntungan tersendiri juga. Untuk Anggota 0 adalah “promo” yang dilakukan Batu Vulkanik untuk menarik member. Akan tetapi paket ini hanya bisa digunakan sekali saja, untuk setiap akunnya. Dan masa berlaku semua misi adalah 30 hari. Jadi sudah terlihat arahnya yaitu member diminta untuk top up dana pada aplikasi, setelah anggota 0 tersebut berakhir. Dan untuk menjadi anggota 1 dibutuhkan uang untuk di top-up sebesar 400 ribu rupiah atau 40 koin api, sedangkan yang gratis hanya mendapatkan 5 koin api.

Apabila melihat dari tabel diatas juga bisa dikatakan tidak worth it untuk dapat dikatakan penghasilan. Selama 30 hari harus menonton video tanpa putus dan hanya mendapatkan 5 koin atau 50 ribu rupiah untuk anggota 0. Dan untuk paket level selanjutnya pun tidak worth it sama sekali. Karena pada Batu Vulkanik memiliki ketentuan bahwa apabila tidak menjalankan misi menonton video maka akan hangus. Hangus disini saya tidak tahu apakah hangus depositnya atau penghasilan perharinya.

Biaya Penarikan Pada Aplikasi

Batu Vulkanik juga membebankan potongan withdraw yang sangat besar. Jumlah potongan sesuai dengan jumlah teman yang diajak bergabung. Pajak penarikan / Withdraw (semakin banyak undang teman semakin kecil pajak penarikan),

  • 0 teman, pajak 16% + admin bank Rp5000
  • 1-2 teman, pajak 12% + admin bank Rp5000
  • 3+ teman, pajak 8% + admin bank Rp5000

Apabila dihitung-hitung maka penghasilan yang dihasilkan oleh Batu Vulkanik sangat kecil dan tidak worth it. Harus memiliki teman yang diajak untuk gabung apabila ingin sedikit potongannya. Contoh untuk Anggota 1 apabila tidak mempunyai teman maka penghasilan 500 ribu hanya mendapatkan 420 ribu, jadi dalam satu bulan hanya menghasilkan 20 ribu. Belum lagi ditambah apabila kita terlawatkan misi harian menonton video maka aplikasi ini tidak woth it sama sekali.

Bonus Refferal Batu Vulkanik

Tiap undang teman, akan medapatkan bonus 5% dari jumlah TopUp Batu Vulkanik teman yang kalian referesikan. Misalkan ada anggota yang top up untuk anggota level 1 yaitu 400 ribu, maka Anda akan mendapatkan 80 ribu untuk satu bulan atau 2.700 per hari. Hal ini bisa menjadi Indikasi bahwa Batu Vulkanik merupakan bisnis berskema ponzi.

Skema Ponzi Batu Vulkanik

Dalam Batu Vulkanik ada indikasi bahwa aplikasi tersebut menjalan skema ponzi. Skema ponzi sendiri adalah skema investasi dimana keuntungan dan bonus berasal dari uang member sendiri atau member baru yang ikut bergabung. Ada beberapa indikasi skema ponzi yang ada pada Batu Vulkanik seperti adanya top up, bonus mengajak teman, pajak penarikan dan uang hangus apabila tidak menjalankan misi.

Baca juga: artikel terkait Investasi Ilegal dan Skema Ponzi.

Mengharuskan Mencari Teman Untuk Bergabung dan Top Up

Hal yang paling ketara skema ponzi dari batu vulkanik adalah mencari member untuk top up. Karena skema ponzi membutuhkan pertumbuhan member, apabila sudah jenuh atau tidak ada member lagi bisnisnya runtuh. Apabila ada sanggahan yang menyebutkan bahwa semua penjualan baik produk atau jasa memang harus mencari orang. Namun ada yang berbeda dengan bisnis skema ponzi yaitu tidak ada produk yang ditawarkan serta menawarkan keuntungan dari hal yang tidak mungkin. Seperti kasus Batu Vulkanik menawarkan keuntungan dengan menonton video dan bonus mengajak orang untuk bergabung.

Bonus Untuk Referal Teman yang Bergabung

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan bonus referal dari orang yang bergabung, MLM (Multi Level Marketing) yang masih diperbolehkan oleh pemerintah pun melakukan hal yang sama. Akan tetapi perbedaanya terdapat dari bonus yang didapatkan, untuk MLM murni biasanya didapatkan dari pembelian produk dan bonus tidak terlalu besar. Sedangkan bonus referal untuk skema ponzi biasanya tidak ada yang diperjual belikan dan bonus tidak normal, seperti mengajak 100 orang mendapatkan Pajero.

Kewajiban Member Melakukan Top Up

Member Batu Vulkanik wajib melakukan top up, karena masa aktif keanggotaan hanya 30 hari dan apabila sudah selesai maka harus top up kembali. Untuk keanggotaan level 0 yang gratis hanya bisa di redeem sebanyak satu kali. Selain pertumbuhan member Skema Ponzi bisa bertahan dengan cara adanya fresh money atau adanya uang baru yang masuk. Dengan masa waktu yang dibatasi dan kewajiban untuk top up maka fresh money akan selalu didapatkan.

Adanya Pajak Penarikan dan Penghasilan Hangus Jika Tidak Menjalankan Misi

Kedua hal ini bukan merupakan skema ponzi, tetapi ini dapat merugikan member aplikasi tersebut. Hal ini yang sering tidak di komunikasikan sebelumnya kepada para member baru yaitu adanya Pajak penarikan dan hangusnya penghasilan jika tidak menjalankan misi. Ini dikarenakan apabila diinformasikan sudah pasti banyak yang tidak mau untuk bergabung.

Misalkan Anda berada di anggota level 1, maka biaya yang dibutuhkan adalah 400 ribu dan keuntungan 100 ribu. Jadi dalam 30 hari kamu mendapatkan 16.700 perhari. Apabila 7 hari saja tidak menonton video bukan keuntungan yang didapat bahkan uang top up pun berkurang. Belum lagi potongan tambahan untuk penarikan uang di Batu Vulkanik.

Iklan di Aplikasi Batu Vulkanik

Perusahaan Batu Vulkanik mengaku bahwa pembayaran orang untuk menonton videonya berasal dari pengiklan. Akan tetapi hal ini tidak memungkinkan dikarenakan beberapa hal, antaralain:

Legalitas Batu Vulkanik

Pengiklan tidak mungkin sembarangan dalam menghabiskan uang untuk mengiklan pada perusahaan yang tidak memiliki background yang jelas, seperti susah untuk mencari informasi terkait PT Mkiil Bill Indonesia. Seharusnya apabila Batu Vulkanik merupakan digital advertising, untuk mengetahui seperti legalitas, informasi perusahaan dan informasi untuk mengiklan akan mudah untuk ditemukan di internet.

Aplikasinya Tidak Terbuka

Berbeda dengan Youtube, Batu Vulkanik merupakan aplikasi yang tertutup. Maksud dari tertutup ini adalah aplikasi yang harus diakses dengan cara registrasi sebelum digunakan. Sedangkan kasus Youtube, bisa digunakan walau pun tidak login terlebih dahulu. Aplikasi yang terbuka lebih baik dalam memperluas penonton video dibandingkan yang perlu registrasi dan login.

Iklan Tidak Sesuai Market Pengiklan

Iklan adalah salah satu cara perusahaan untuk memperkenalkan produk, jasa atau brandnya. Tentunya memasang iklan dengan target adanya konversi ke penjualan. Sedangkan untuk Batu Vulkanik bukanlah target market yang tepat karena penontonnya adalah yang meminta bayaran. Pada aplikasi seperti Youtube juga bisa mengatur ditunjukan kepada siapa iklan yang akan kita share.

Resiko Penyalahgunaan Data Pribadi oleh Batu Vulkanik

Beberapa hal yang telah di katakan diatas mulai dari legalitas, informasi yang tertutup dan lain-lain. Batu Vulkanik mempunyai resiko untuk menyalah gunakan data pribadi, ditambah terdapat verifikasi KTP dan Foto Wajah. Pada aplikasi juga kode OTP dikirimkan melalui Mari Pinjam sebuah Aplikasi keluaran Koperasi Simpan Pinjam. Sangat rawan disalahgunakan data yang telah kita isi pada Batu Vulkanik, ditambah tidak ada pengawasan dari Kominfo. Yang ringan data seperti KTP dan nomor HP dijual kepada marketing-marketing nakal, makanya untuk sms pinjaman dan penipuan bisa saja berasal dari sana. Dan yang parahnya adalah KTP dan nomor HP dijadikan sarana untuk aplikasi melakukan Pinjaman Online menggunakan data membernya.

Terimakasih telah membaca, apabila ada yang ingin dibahas atau pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. See Yaa.

Leave a Reply

Scroll to top